Jebol Rumah dan Bawa Kabur Motor di Ngluwar, Pria Ini Diringkus Polisi

BNews—MUNGKID— Seorang resedivis kasus curat berhasil diamankan Unit Reskrim Polres Magelang di Kabupaten Sokoharjo (12/2). Pelaku dilaporkan korbannya terkait kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) di wilayah Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.

 

 

Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengungkapkan bahwa kejadian tersebut terjadi pada 14 Januari 2019 lalu di rumah Sulastri,51 warga Dusun/Desa Karangtalun Kecamatan Ngluwar. “Kejadian saat itu terjadi pukul 04.00 wib dimana pelaku dengan inisial RM, 41 warga Joho Karangtalun mencongkel cendela samping rumah korban,” katanya saat presscon siang ini di Mako Polres Magelang (15/2).

Advertisements


 

Dalam pencurian tersebut pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor milik korban beserta STNK yang ditaruh dalam jok motor dan sebuah handphone android milik korban. “Atas perbuatannya ini, korban menderita kerugian sekitar Rp.20.550.000”, imbuhnya.


 

Korban langsung melaporkan ke jajaran Polsek Ngluwar atas kejadian pencurian tersebut. Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh unit Reskrim Polres Magelang, diketahui pelaku berada di wilayah Mayaran Kabupaten Wonogiri dan di Kabupaten Sukoharjo.

 

“Petugas langsung memburu pelaku tersebut dan berhasil diamankan di wilayah Bakalan Sukoharjo sekitar pukul 04.00 wib (12/2) saat bersembunyi di rumah kontrakannya,” paparnya.

 

Dari penangkapan pelaku tersebut juga diamankan barang bukti hasil tindakan kejahatannya berupa sepeda motor dan hp. “Dari introgasi petugas, pelaku juga mengaku pernah melakukan pencurian dengan pemberatan di wilayah ngluwar lainnya yakni berupa Hp xiomy,” paparnya.

 

Sementara pelaku RM, 41 mengaku sebelumnya baru keluar dari penjara di Kabupaten Ponorogo dengan kasus yang sama. Ditanya berapa kali melakukan kejahatan ini, dijawab pelaku sebanyak dua kali dengan alasan ekonomi.

 

“Saya baru dua kali melakukan ini, satu di Ponorogo dan tertangkap sempat ditahan selama dua tahun dan kali ini di Ngluwar dengan korban tetangga desa. Saya terpaksa karena faktor ekonomi,” katanya.

 

Atas perbuatannya ini pelaku dijerat dengan pasal  363 KUHP tentang pidana. Ancaman hukuman maksimal penjara 7 tahun. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: