Jelang Idul Adha 1441 H, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tak Mudik

BNews—NASIONAL—Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat Muslim tidak mudik untuk merayakan Idul Adha 1441 Hijriyah. Sebab saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Wiku mengatakan lima daerah tujuan mudik, masih menjadi wilayah tingginya penularan Covid-19, di antaranya DKI Jakarta. Hal tersebut disampaikannya melalui konferensi virtual akun Youtube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (30/7/2020).

”Mohon ini menjadi perhatian semua pihak, bukan hanya pemerintah tapi juga seluruh masyarakat. Karena keberhasilan kita disumbang oleh kita juga. Imbauan juga agar kita betul-betul melindungi keluarga terutama yang usia rentan, dari ancaman Covid-19 dalam momen idul adha,” kata Wiku.

Dia menjelaskan, ke-5 provinsi penyumbang kasus positif Covid-19 terbesar per 29 Juli 2020 adalah DKI Jakarta 577 kasus, Jawa Timur 359, Jawa Tengah 313, Sumatra Utara 241, dan Sulawesi Selatan 128. Lanjut Wiku, kasus yang terjadi di lima provinsi ini adalah per hari dan menjadi daerah-daerah tujuan mudik.

Tambahnya, data kasus Covid-19 dapat diakses di laman www.covid19.go.id. Wiku meminta masyarakat mengakses situs tersebut untuk mengecek kondisi daerahnya masing-masing sesuai dengan zonasi risiko peningkatan kasusnya.

”Ini menjadi bahan informasi dalam rangka perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)  menjalankan protokol kesehatan, terutama dalam perayaan Idul Adha,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: