Jelang Vaksinasi, Ganjar Cek Kesiapan Fasilitas Kesehatan

BNews—SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek kesiapan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan di Kota Semarang, Rabu (13/1/2021). Diketahui bahwa vaksinani akan dilakukan serentak pada Kamis (14/1/2021) besok.

Ganjar mengunjungi dua faskes yakni yakni Puskesmas Pandanaran dan RSUD Wongsonegoro. Ganjar menyebut, persiapan vaksinasi sudah matang dilakukan, mulai penyediaan mekanisme antrean, meja pendaftaran, alat pengecekan kesehatan, tempat vaksinasi hingga ruang tunggu apabila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

”Kalau persiapannya saya lihat sudah siap, tadi Kadinkes Kota dan Kadinkes Provinsi sudah kerjasama dengan sejumlah puskesmas dan rumah sakit. Kalau dari sisi prosedur, saya kira tidak sulit karena mereka sudah berpengalaman. Ini kan sebenarnya sama dengan saat kita melakukan imunisasi pada anak-anak, jadi tidak terlalu sulit,” kata Ganjar.

Dia memastikan bahwa sistem vaksinasi sudah dibangun dengan baik. Sehingga bagi mereka yang telah terdaftar secara online melalui aplikasi ‘PeduliLindungi’ akan mendapatkan barcode lengkap. Termasuk informasi lokasi dan waktu pelaksanaan vaksin tersebut.

”Sistemnya sudah dibangun dengan baik, pertitik yang melakukan vaksinasi. Jumlahnya dibatasi kira-kira 15 orang dalam satu sesi dan dalam satu hari ada tiga sesi. Jadi, sehari hanya sekitar 45 orang,”  jelasnya.

Ganjar pun berharap, vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, agar para tenaga kesehatan lebih tenang dan percaya diri saat bekerja.

”Tapi meski vaksin sudah ada, tidak berarti protokol kesehatan mlempem ya. Jangan sampai, tetap protokol kesehatan mesti ketat,” imbuhnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menerangkan, sebanyak 18.000 lebih tenaga kesehatan akan divaksin pada tahap pertama ini. Mereka akan divaksin di sejumlah layanan kesehatan yang telah disiapkan.

”Pelaksanaannyadi 37 Puskesmas, 19 Rumah Sakit dan satu Balkesmas. Untuk persiapannya, hari ini kami mulai distribusikan vaksin ke fasilitas-fasilitas kesehatan itu,” katanya.

Tambah dia, jika vaksinasi tahap pertama ini hanya khusus untuk tenaga kesehatan. ”Ini untuk Nakes dulu, tapi jangan khawatir yang lain akan dapat juga pada tahapan berikutnya,” pungkasnya. (lhr/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: