Jumlah Anak di Kabupaten Magelang dalam Angka

BNews—MUNGKID— Kabupaten Magelang memiliki 21 Kecamatan yang menyebar dari ujung utara hingga selatan. Saat ini, Kabupaten Magelang memiliki lebih dari 1,2 juta penduduk.

Sementara itu jumlah anak di Kabupaten Magelang di tahun 2019 327.260 anak. Jumlah itu menurut statistic di bulanJuni 2019.

Data di Disdukcapil Kabupaten Magelang, dari jumlah anak tersebut saat ini baru 46 persen yang memiliki kartu identitas anak. Masih banyak orang tua yang belum sadar pentignya kartu anak ini.

Dasar hukum pelaksanaan Kartu Identitas Anak (KIA) adalah Permendagri No 2 Tahun 2016, dengan pertimbangan, anak yang belum berusia 17 tahun atau belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku. Kewajiban negara untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh penduduk sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Atas latar belakang tersebut maka dibuatlah Kartu Identitas Anak. Karena anak belum bisa memperoleh KTP EL jika belum berusia 17 tahun,” ucap Sekretaris Disdukcapil Idham Laksana.

Adapun manfaat dari Kartu Identitas Anak adalah, persyaratan pendaftaran sekolah, transaksi keuangan di Perbankan maupun di Pos Indonesia, pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun RS, pembuatan dokumen keimigrasian, mengurus klaim asuransi/santunan dan lain sebagainya. (wan/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: