Jokowi Bagikan 5120 Sertifikat Tanah ke Warga Magelang

BNews-MUNGKID- Sebanyak 5120 sertifikat tanah di bagikan kepada masyarakat Magelang hari ini (18/9). Acara penyerahan sertifikat tanah se Magelang ini dihadiri langsung dan diberikan secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo di Lapangan Drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid Kabupaten Magelang.

 

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Jalil menerangkan bahwa tahun ini pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional melakukan program pembagian sertifikat sebanyak 5 juta. “ Untuk di Jawa Tengah sendiri pada tahun ini sebanyak 17500 sertifikat dibagikan dan hari ini ada 5000 sertifikat di Kabupaten Magelang dan 120 sertifikat di Kota Madya Magelang,” ungkapnya.

“ Program bantuan pemerintah ini gratis untuk sertifikatnya saja namun proses seperti biaya ukur, biaya saksi, materai dan transportasi yang ngurus di tanggung pemohon,” imbuhnya.

Sedangkan Gubernur Ganjar Pranowo mengajak seluruh Kepala Desa untuk mensukseskan program ini. “ Di Jawa Tengah ada sekitar 21,5 juta bidang tanah dan baru 49 % bersertifikat tanah, dan Jawa Tengah target tahun 2023 semua tanah sudah bersertifikat,” katanya.

Presiden Joko Widodo menjelaskan dalam sambutannya bahwa target tahun depan 7 juta sertifikat dan tahun-tahun berikutnya akan terus bertambah.” Misalnya Jawa Tengah biasanya dulu dalam satu tahun hanya sekitar 500 sertifikat bagus kalau mencapai 1000 sertifikat namun sekarang 17500 sertifikat dikeluarkan,” katanya.

Sertifikat ini diberikan dengan harapan untuk menghindari konflik persolanan tanah dan bisa membantu masyrakat untuk dijadikan agunan dalam peminjaman uang dengan catatat pinjaman itu bersifat modal bukan konsumtif. “ Boleh jadikan agunan di Bank namun harus sesuai untuk modal usaha, itu pun harus banyak peritungan jangan asala gaya gayaan saja nanti bisa hilang semua,” pungkasnya. (bsn )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: