Jokowi Lantik 254 Perwira Remaja Lulusan Akmil

BNews—MAGELANG—Sebanyak 254 Perwira Remaja lulusan Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV Tahun 2019/2020 resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI. Setelah mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2020.

Upacara pelantikan secara virtual tersebut dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Presiden Joko Widodo dari Istana Negara, hari ini (14/7/2020). Para Perwira Remaja Lulusan Akmil tersebut terdiri dari 234 putra dan 20 putri.

Mereka mengikuti pelaksanaan upacara Praspa secara virtual dari Stadion Sapta Marga, Akmil, Magelang. Secara keseluruhan dalam upacara tersebut, Presiden melantik dan mengambilan sumpah 750 Perwira Remaja TNI dan Polri Tahun 2020.

Sementara itu, hanya ada delapan orang perwakilan dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri yang mengikuti upacara secara tatap muka di Istana Presiden. Terdiri dari empat peraih Adhi Makayasa dan empat dari perwakilan agama yakni Islam, Katolik, Protestan dan Hindu.

Peraih Adhi Makayasa dari tiap-tiap Akademi Angkatan dan Kepolisian yakni Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol). Sedangkan empat perwakilan penyumpahan yakni Yusuf Hanafi dari Akmil (Islam), Yohana Bernadeta Winda Sekar Ayu Armanda dari AAL (Katolik), Maichel Triantonov dari AAU (Protestan), dan Luh Ayu Gitavira Sarasvati dari Akpol (Hindu).

Sedangkan Perwira Remaja yang lain mengikuti upacara dari Akademi masing-masing, yaitu di Akmil Magelang, AAL Surabaya, AAU Yogyakarta dan di Akpol Semarang. Dalam pelaksanaan upacara di Akmil, dihadiri secara langsung oleh Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan yang mewakili Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

Pangkostrad memberikan pesan kepada perwira remaja untuk bisa menjadi Perwira yang Profesional, Disiplin, Tangguh dan Militan. Yang dapat diandalkan nantinya sebagai penjuru-penjuru terdepan di satuan.

Loading...

”Setelah melangkah keluar dari Akmil, catatan tentang karya kalian sudah di tunggu di masa mendatang. Perhatikan riwayat tugasnya, catatan prestasi demi prestasi untuk darma bakti pada Negara dan bangsa ini. Tantangan tugas menunggu di hadapanmu,” kata dia.

Download Musik Keren Disini

Sementara itu Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman juga berpesan bahwa hidup bukan sebuah pertandingan tapi sebuah perjalanan. Di dalam pertandingan ada menang ada kalah, dalam setiap perjalanan hidup jangan sampai menyerah.

”Tiga hal kunci pokok kalian ingin berhasil, lupakan masa lalu, lakukan yang terbaik hari ini, dan masa depan merupakan cita-cita yang harus di perjuangkan,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: