IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

JOKOWI : Vaksin Covid Merah Putih Akan Diproduksi Massal Oleh Pemerintah

BNews–NASIONAL– Kabar gembira terkait perkembangan vaksin covid-19 di Indonesia. Presiden Jokowi mengabarkan pembuatan vaksin Merah Putih guna penanganan pandemi virus corona di Indonesia.

Hingga saat ini, proses pembuatan vaksin Merah Putih sudah mencapai prosentase 30-40 persen.

Presiden Jokowi menyebut produksi vaksin Merah Putih secara massal dapat mulai dilaksanakan pada pertengahan 2021 mendatang.

“Saat ini vaksin merah putih dalam tahap pembuatan benih vaksin dan prosesnya sudah sekitar 30 sampai 40 persen dan direncanakan dapat diuji klinis pada awal tahun depan.

Insya Allah ini siap produksi di pertengahan 2021,” kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden saat membuka rapat terbatas tentang penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020).

Ia mengatakan, vaksin merah putih sepenuhnya dibuat olah Indonesia. Proyek tersebut melibatkan Lembaga Biomolekuler Eijkman dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Jokowi pun mengatakan, Indonesia telah mengamankan stok vaksin dari perusahaan medis asal China, Sinovac. Untuk stok pada 2020, Indonesia telah mengamankan 20-30 juta dosis vaksin.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara itu, hingga akhir 2021, Jokowi mengatakan, pemerintah telah mendapatkan komitmen pengadaan vaksin dengan Sinovac hingga 290 juta dosis.

“Kta ini berebutan berlomba-lomba dengan negara lain dalam mendapatkan akses vaksin secepat-cepatnya dan Alhamdulillah kita sudah mendapatkan komitmen 20-30 juta vaksin nanti di akhir tahun 2020. Ini dalam bentuk barang jadi,” kata Jokowi.

“Kemudian sampai akhir tahun 2021 kita juga sudah mendapatkan komitmen kira-kira 290 juta vaksin,” ucap dia.

Untuk diketahui, saat ini vaksin dari Sinovac tengah dilakukan uji klinis tahap ketiga di Indonesia, khususnya di Kota Bandung.

Penyuntikan perdana calon vakson dalam uji klinis tersebut berlangsung pada 11 Agustus. Diprediksi, proses uji klinis tersebut memakan waktu enam bulan.

Ujicoba pada Hewan

Sementara itu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio, mengatakan, Vaksin Merah Putih untuk Covid-19 terus dikembangkan.

Amin menuturkan, Vaksin Merah Putih akan diuji coba pada hewan sekitar tiga bulan lagi.

“Saat ini kami sedang menunggu ekspresi dari protein tersebut dalam bentuk antigen protein rekombinan itu. Dan nanti Insya Allah dalam dua atau tiga bulan ke depan kami akan uji pada hewan,” kata Amin dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Senin (31/8/2020).

Selanjutnya, Vaksin Merah Putih ditargetkan akan memasuki tiga tahapan uji klinis pada 2021.

Namun, Amin menegaskan, Eijkman sebagai pemimpin konsorsium Vaksin Merah Putih berupaya agar seluruh tahap uji selesai lebih cepat.

“Diharapkan pada Februari atau Maret tahun 2021 kami sudah bisa memberikan sheet vaksinnya kepada Bio Farma untuk proses selanjutnya, termasuk untuk uji klinis 1, 2, dan 3,” paparnya.

“Walaupun demikian, kami berupaya untuk bisa menghemat waktu untuk melakukan beberapa proses nanti secara paralel,” imbuh Amin.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK ANDROID (KLIK DISINI)

Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN, Ali Ghufron Mukti, menambahkan bahwa kemajuan pengembangan Vaksin Merah Putih saat ini mencapai sekitar 40 persen.

Ali mengatakan pengembangan Vaksin Merah Putih ini perihal kemandirian bangsa.

“Sudah seberapa perjalananannya? Kurang lebih 30-40 persen perjalanan kita,” katanya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jokowi Sebut Vaksin Merah Putih Siap Diproduksi Pertengahan 2021

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Eijkman: Vaksin Merah Putih Diujicobakan pada Hewan 3 Bulan Lagi, Uji Klinis 2021. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: