Kapan Tol Bawen-Jogja Dibangun ? Ini Progresnya

BNews—SEMARANG— Proses penyambungan Jalan Tol Jateng-Jogjakarta melalui Ruas Tol Bawen-Jogjakarta tinggal menunggu waktu. Meskipun pemerintah belum membeberkan tanggal persis mulai pelaksanaannya.

Selain ruas jalan Tol Bawen-Yogyakarta, juga direncanakan ruas tol Solo-Yogyakarta dan Cilacap-Yogyakarta. “Tol Bawen-Yogyakarta sudah disepakati, sedangkan dua ruas tol lainnya masih terkendala melalui ruas mana yang akan di lewati belum ada kesepakatan,” ungkap Sekda DIY, Gatot Saptadi.

“Terkait Ruas Tol Yogyakarta-Solo, untuk yang perbatasan Jawa Tengah ke Yogya yang belum ruasnya. Ya karena di situ banyak situs sejarah. Kalau saran kita ya connect yang Bawen ke utara, Manisrenggo connect ke Bawen,” tuturnya.

Mengenai ruas Tol Yogyakarta-Cilacap. Kini pemerintah masih menggodok proyek tol tersebut. “Alternatif (ruas Tol Yogyakarta-Cilacap) sudah ada, tapi belum kita sepakati. (Hambatannya) ya kebutuhan lokal, kita harus win-win. Kebutuhan lokal harus tidak terganggu dengan adanya tol ini, jangan sampai cuma kelewatan tok,” paparnya.

Loading...

Terkait Jalan Tol Bawan-Yogya, Gatot masih enggan menyampaikan kapan dimulaikan proses pembangunan meskipun sudah disetujui. “Proyek Jalan tol adalah kewenangan dari pemerintah pusat, sehingga kapan dimulai juga tergantung pada pemerintah pusat,” ungkapnya.

Terakhir Gatot menyampaikan bahwa tol Bawen-Yogyakarta yang sepanjang 71 kilometer tersebut sebagian akan dibangun melayang dan sebagian lagi seperti jalan tol pada umumnya. “Tol yang dibangun melayang adalah tol yang masuk ke wilayah DIY, hal ini akan meminimalisir dampak terhadap penduduk di DIY,” pungkasnya. (Internet/Bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: