Syarat Kelulusan Mahasiswa di Unnes Harus Tanam Pohon

BNews—SEMARANG— Ada yang berbeda dengan syarat kelulusan mahasiswa-mahasiswi di Universitas Negeri Semarang ini. Biasanya mereka dalam syarat kelulusan akan berkutat dengan data dan penelitian saja, namun kali ini berbeda mereka harus menanam pohon.

Sugeng Purwanto, Dosen sekaligus sebagai Ketua Gugus Konservasi Fakultas Ilmu Pendidikan mengatakan bahwa ini merupakan kebijakan Kampus. “Hal ini juga masuk dalam gerakan menanam pohon sebagai persyaratan kelulusan kuliah. Gerakan Penanaman Pohon ini untuk mendukung program UNNES H-BAT (Hijau, Bersih, Sehat),” katanya (3/12).

“Jadi, setiap mahasiswa baru angkatan 2019 diwajibkan untuk menanam pohon yang dilaksanakan mulai pada tanggal 22 November 2019 sampai dengan 4 Desember 2019 di Fakultas masing-masing. Dan ini wajib dijaga untuk salah satu syarat kelulusan besok,” imbuhnya.

Disebutkan juga olehnya (Sugeng), setelah para mahasiswa melakukan kegiatan tersebut akan mendokumentasikan kegiatannya.”Nantinya dokumentasi tersebut akan diupload di “Siomon UNNES”, sebuah portal resmi dari UNNES untuk menampung bukti kegiatan gerakan penanaman pohon tersebut,” sebutnya.

“UNNES mempunyai komitmen dalam hal pelestarian lingkungan, maka dari itu untuk merealisasikan hal tersebut. Ada namanya sebuah program gerakan menanam pohon ini yang mewajibkan bagi seluruh mahasiswa baru UNNES 2019 tanpa terkecuali, Dan juga sebagai persyaratan skripsi,” paparnya.

Perlu diketahui juga bahwa Universitas Negeri Semarang ini mewajibkan mahasiswa baru 2019 untuk mendukung pelestarian lingkungan. Dimana UNNES adalah kampus yang berwawasan konservasi.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDURNEWS GRATIS (KLIK DISINI)

“Jadi perhatian terhadap lingkungan sangatlah diperhatikan di universitas ini, seperti halnya tata kelola gedung dan lain sebagainya. Dan juga kebijakan yang mewajibkan mahasiswa untuk menanam pohon sebagai salah satu persyaratan skripsi juga untuk mendukung program pelestarian lingkungan,” tegasnya.

“Komitmen kampus kami ini terhadap pelestarian lingkungan, menorah hasil peringkat 5 Nasional sebagai kampus hijau dan peringkat 65 Dunia pada tahun 2018 menurut UI GreenMetric,” ungkapnya.

Sementara salah satu Mahasiswa UNNEWS 2019Jurusan Psikologi, Rambo menambahkan bahwa gerakan menanam pohon bagi salah satu syarat kelulusan ini cukup bagus. “Kami tidak merasa keberatan, bahwa kami dan banyak teman lainnya sangat antusias dalam melaksanakannya,” tambahnya.

“Hal ini juga sangat bagus, ditengah semakin tergerusnya lahan hijau UNNES membuat gerakan yang sangat menginspirasi. Tentu saya berharap program ini tidak hanya dilakukan di UNNES saja tetapi juga dilakukan di kampus-kampus lain bahkan di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (Amrul Fawwas -edt: bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: