Catat, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Rumah Bebas Debu

BNews—TIPS— Membersihkan debu adalah pekerjaan yang harus dilakukan meski kadang membuat lelah. Sebab, debu tidak hanya menyebabkan rumah menjadi kotor, namun juga bisa menimbulkan beragam penyakit, mulai dari alergi hingga penyakit pernafasan.

Debu sendiri terdiri dari beragam partikel, seperti serbuk sari tanaman, sel kulit mati, dan serat dari pakaian dan kertas. Debu sangat sulit dihilangkan secara permanen, namun paling tidak, kita bisa mengurangi menumpuknya debu di rumah.

Berikut ini, dilansir dari Housewifehowtos, beberapa cara menghilangkan debu di dalam rumah yang mudah diterapkan:

Lepas Sepatu saat Masuk Ke Rumah

Sebaiknya melepas sepatu ketika memasuki rumah, karena sepatu yang telah digunakan dari luar ruangan berpotensi membawa debu yang banyak.

Bersihkan Kaki Sebelum Masuk Ke Rumah

Menyeka kaki sebelum masuk rumah dapat meminimalisir jumlah debu yang terlacak di dalam rumah. Salah satu cara menyeka kaki yakni dengan menggunakan keset yang dipasang di luar pintu masuk.  

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Bersihkan Saluran Udara

Cara mengurangi debu di dalam rumah yang selanjutnya yakni dengan rajin membersihkan saluran udara. Dengan langkah ini maka bisa mengurangi debu yang bertebangan.

Caranya yakni bersihkan setiap ventilasi dengan teliti sekitar lima menit. Jangan lupa untuk mencuci register lantai dan penutup ventilasi dinding yang berdebu juga.

Sedot Debu Dengan Benar

Menyedot debu menjadi cara yang tepat untuk mengurangi debu di rumah Anda. Namun, seberapa sering Anda harus menyedot debu? Hal ini bergantung pada berapa banyak orang yang tinggal di rumah Anda. Umumnya adalah Anda menyedot debu seluruh ruangan setiap seminggu sekali.

Bagian yang penting untuk dibersihkan adalah area yang sering digunakan. Misalnya seperti sofa atau kursi, karpet, bahkan hingga kasur sekalipun harus dibersihkan. Hal ini untuk memastikan setiap sudut ruangan benar-benar bersih dan terbebas dari debu.

Gunakan Peralatan Yang Tepat

Anda bisa menggunakan lap atau penyedot debu yang efektif dalam menghilangkan debu di rumah. Pastikan Anda tidak lupa menyedot debu area gorden, tirai, dan dan benda-benda lainnya.

Selanjutnya Anda juga bisa gunakan kain basah saat membersihkan berbagai furnitur. Kain basah bekerja lebih baik dibandingkan kain yang kering karena debu jadi lebih mudah menempel.

Kain yang sedikit basah akan menahan kotoran dengan baik daripada hanya memindahkannya. Namun, pastikan Anda sering membilasnya setelah menggunakan kain basah tersebut. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: