Kecubung, Tanaman Memabukkan yang Usir Gatal, Bisul Hingga Rematik

BNews—BOROBUDUR— Kecubung merupakan tumbuhan berbunga yang merupakan anggota suku Solanaceae. Tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet ini biasanya berbunga putih atau ungu. 

Daun yang tumbuh di hutan dan kebun ini telah lama dikenal oleh banyak orang. Namun fungsinya kerap disalahgunakan seperti untuk mencari kesenangan sementara. Hingga, bebeberapa orang menganggap jika tanaman ini dianggap sebagai pengganggu.

Namun, apabila diteliti lebih jauh lagi, daun kecubung memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini banyak mengandung senyawa yang dibutuhkan tubuh yang mampu mengatasi berbagai macam gangguan yang akan  menyerang kesehatan tubuh.

Semua kandungan di dalam daun kecubung tidak hanya berkhasiat. Namun juga membantu tubuh lebih sehat dari dalam dan dari luar.

Khasiat daun ini mampu menjadi obat konsumsi atau obat dalam dan juga obat luar untuk kulit. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila obat ini telah digunakan sebagai pengobatan alternatif. Selain itu, daun kecubung tidak akan menimbulkan efek samping.

Berbagai manfaat daun kecubung untuk kesehatan antara lain adalah sebagai obat bisul. Daun ini dipercaya mampu mempercepat kematangan bisul dan membuat sembuh lebih cepat sehingga bisul ini tidak menyerang kembali. Sebab, bisul yang menyerang kembali kerapkali merusak jaringan kulit.

Manfaat kedua adalah mengatasi asma. Daun kecubung juga sangat bermanfaat bagi penderita asma karena mampu mencegah asma yang diderita seserorang kembali kambuh.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Daun ini bukan saja merupakan obat penghilang asma. Namun juga membantu meredakan asma.

Caranya adalah sangat mudah, yaitu dengan mengiris halus daun kecubung, kemudian dihisap seperti menghisap rokok. Bau yang dihasilkan daun kecubung akan membantu pernapasan menjadi lega.

Selanjutnya bisa menyembuhkan rematik. Daun ini memiliki berbagai kandungan alami yang akan mengobati rematik sehingga rematik tidak lagi menyerang tubuh.

Konsumsi daun teratur akan membantu menyembuhkan nyeri pada persendian dan membantu menyehatkan tulang. Bahkan, konsumsi tomat juga akan sangat membantu. Mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan, termasuk obat susah buang air besar.

Daun kecubung juga mampu meningkatkan kerja pencernaan. Salah satunya adalah dengan mengatasi sembelit yang mungkin menyerang.

Daun ini bermanfaat untuk membuat sembelit sembuh dengan alami. Selain itu, manfaat yakult adalah meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Menariknya lagi, daun kecubung manjur sebagai obat pegal linu. Apabila seringkali mengalami pegal linu atau encok, maka daun kecubung mampu menjadi alternatif untuk mengatasi pegal linu atau encok yang sedang dialami

Daun ini merupakan salah satu obat herbal yang akan membuat pegal terasa reda sehingga tidak menggganggu akvitas harian. Pengurutan badan juga mampu berfungsi sebagai obat pegal linu.

Sisi hebat manfaat daun kecubung lainnya adalah dapat menyembuhkan sakit pinggang. Daun kecubung juga dikenal mampu menjadi obat yang mengatasi sakit pinggang yang sedang dialami. Sakit pinggang ini seringkali disebabkan otot pinggang yang terlalu tegang, sebagai akibat posisi duduk yang tidak tepat, kelelahan, ataupun duduk yang terlalu lama.

Terakhir untuk mengatasi eksim dan meredakan gatal pada kulit. Daun kecubung berkhasiat untuk mengatasi penyakit eksim yang seringkali timbul pada kulit seseorang yang tidak mampu menjaga kebersihan kulitnya.Kandungan di dalam daun kecubung diketahui mampu mengobati jenis penyakit eksim ini. Daun kecubung juga mampu meredakan dan mengatasi gatal pada kulit, mulai dari alergi hingga gigitan serangga yang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: