Kembul Bujono Desa Wonolelo, Kearifan Saparan Lereng Merbabu

BNews—SAWANGAN—Kembul bujono menjadi puncak acara Saparan di Dusun Windusajan Desa Wonolelo Sawangan kemarin (16/10). Ratusan tumpeng dan ingkung digelar di halaman rumah Kepala Dusunnya.

Kepala Desa Wonolelo, Marpomo yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa ini salah satu Dusun yang rutin mengadakan acara Saparan tiap tahunnya. “Rangkaian acara ini dimulai dari Kirab tumpeng dan ingkung keliling kampung sejauh 500 meter. Meriahnya lagi ada drumband dari SMK API Tegalrejo membuka rangkaian kirab,” katanya saat diwawancarai Borobudurnews.

Advertisements


Setelah dikirab menuju rumah Kepala Dusun, dilakukan doa bersama. “Setelah doa bersama kami makan bersama. Dan uniknya lagi tumpeng dan ingkung diatas tampah itu dimakan secara kembul bujono bersama-sama sambil duduk bersila lesehan,” imbuhnya.


TRADISI : Tumpeng dan Ingkung dikirba keliling kampung di windusajan wonolelo sawangan (16/10)--(Foto:bnews)
TRADISI : Tumpeng dan Ingkung dikirba keliling kampung di windusajan wonolelo sawangan (16/10)–(Foto:bnews)

“Selain itu warga dari wilayah lain juga turut diundang dalam acara makan bersama tersebut. Kami juga membuka pintu lebar-lebar kepada siapapun yang akan hadir saparan disini untuk silahturami bersama warga,” ungkapnya.

“Saparan ini diadakan tahunan sebagai wadah silaturahmi dan mempererat persaudaraan. Serta melakukan sosialisasi nilai positif tentunya berdasarkan pancasila,” terangnya.

‘Untuk rangkaian acara selanjutnya, yakni Kamis 17 Oktober digelar seni Ketoprak dan besok 18 Oktober ada kesenian rakyat Jalantur,” tandasnya.

Sementara Camat Sawangan, Wisnu Argo Budiono mengapresiasi warga dengan terlaksananya acara tersebut. “Dengan kekompakan pemuda pemudi bisa berjalan meriahnya. Semoga tetap terjaga kekompakannya demi kehidupan masyarakat yang rukun aman dan tentram,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: