Kemenparekraf Sandiaga Uno Siap Kembangkan Nepal Van Java di Magelang

BNews—KALIANGKRIK— Dusun Butuh di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, belakangan viral di media sosial. Bak negeri di atas awan, pemandangan alam dusun tersebut disebut-sebut mirip dengan Nepal.

Julukan ’Nepal van Java’ bukan tanpa sebab. Desa yang berada di kaki Gunung Sumbing disebut-sebut memiliki pola susunan rumah yang bertingkat mirip negara di dekat Pegunungan Himalaya. 

Dusun ini sontak menjadi perhatian masyarakat karena panorama yang sangat indah. Hingga menjadi ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar daerah.

Dikarenakan destinasi ini masih baru menjadi desa wisata, maka perlu adanya persiapan yang matang untuk membangunnya menjadi desa wisata yang baik. Termasuk akses lokasi dan sarana prasarana pendukung.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh owner Griyo Butuh, dalam telekonferensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno belum lama ini.

”Pak, saya dari Gemawira Dusun Butuh, Saya owner-nya dari Griyo Butuh. Jadi itu adalah desa yang baru viral. Dan baru menjadi desa wisata selama pandemi ini,” kata ang owner.

DOWNLOAD APLIKASI BORBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Kami belum ada kesiapan khusus untuk menjadi desa wisata. Tapi karena berhubung dipaksa untuk harus siap karena banyaknya pengunjung dan antusias dari wisatawan yang masuk ke dusun kami,” sambungnya.

”Dan Alhamdulillah sekarang sudah ada parkiran. Cuman terkendala untuk sarana prasarana pendukung. Itu yang memang belum sepenuhnya kami siap,” imbuh dia.

Ia mencontohkan, untuk infrastruktur jalan masuk ke Dusun Butuh, jalan masih cukup sempit. Apalagi Ketika kendaraan berlawanan arah saling berpapasan. Jadi masih perlu peleban jalan.

”Jadi karena begitu banyak pengunjung, jalan satu hari Ketika musim libur itu sampai ribuan datang ke Dusun Butuh,” tambahnya.

Keberadaan Dusun Butuh turut jadi perhatian Menparekraf Sandiaga Uno. Menurut dia, hal terpenting ke depan ialah membangun lintas sektor untuk menyiapkan infrastruktur dan interkoneksi. Serta sektor jalan, perhubungan, pekerjaan umum hingga masalah mengenai kurangnya jaringan di desa itu.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa lebih mengenalkan spot-spot desa wisata seperti Desa Butuh ini. ”Ini yang nantinya Nepal van Java bisa kita kembangkan bukan hanya ada Paris van Java,” ujar Sandiaga di akun Instagramnya seperti dikutip Borobudur News, Jumat (8/1). (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: