Kenali 4 Ciri-ciri Wajah Kusam, Begini Cara Mengatasinya

BNews—TIPS— Wajah kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurang mengonsumsi makanan yang sehat, kurang minum air putih, jarang menggunakan sunscreen dan sering terpapar polusi.

Berikut ini beberapa ciri-ciri wajah kusam yang biasa terjadi:

1. Kulit kering dan kasar

Ciri-ciri wajah kusam terlihat dari kulit kering dan kasar. Kulit yang kering akan terasa kasar bila dipegang dan tidak terlihat cerah dan bersinar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan air putih.

Berada di lingkungan dengan udara kering, misalnya sering berada di ruangan dengan pendingin ruangan, juga bisa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, tidak rutin menggunakan pelembap wajah juga bisa membuat kulit menjadi kering.

2. Warna kulit tidak merata

Warna kulit yang tidak merata, seperti munculnya mata panda, juga merupakan ciri-ciri wajah kusam. Warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan oleh kurang tidur. Padahal saat tidur malam, organ-organ tubuh, termasuk kulit, akan memperbaiki sel-selnya.

Bila waktu tidur terganggu, proses perbaikan sel kulit juga akan terganggu. Kurangnya waktu tidur malam juga akan membuat kulit wajah menjadi lebih pucat dan kelopak mata membengkak.

Kulit di kelopak mata bawah yang lebih tipis membuat pembuluh darah di daerah tersebut lebih terlihat, sehingga warnanya terlihat gelap. Hal inilah yang bisa membuat mata panda muncul.

3. Kulit tidak cerah dan lebih gelap

Kulit wajah yang terlihat lebih gelap dan tidak cerah juga termasuk ciri-ciri wajah kusam. Kondisi ini bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet matahari.

Kulit yang terlalu banyak terpapar sinar matahari akan memproduksi melanin, zat yang memberikan warna pada kulit, secara berlebihan. Hal inilah yang bisa membuat kulit terlihat lebih gelap.

Selain itu, penumpukan sel kulit mati dan paparan polusi juga bisa membuat kulit wajah menjadi tidak cerah. Sel kulit mati dan debu dari polusi dapat menutupi lapisan kulit wajah yang baru terbentuk, sehingga kulit wajah terlihat lebih kusam.

4. Kekenyalan kulit berkurang

Ciri-ciri wajah kusam lainnya adalah kekenyalan kulit berkurang. Kulit yang sudah berkurang kekenyalannya bisa ditandai dengan munculnya kerutan halus, serta terlihat lebih kusam dan kendur.

Kekenyalan kulit dipengaruhi oleh jumlah kolagen yang ada di dalam kulit. Selain itu, kolagen juga berfungsi untuk merangsang regenerasi kulit. Bila jumlah kolagen berkurang, regenerasi kulit akan terhambat dan kulit bisa terlihat kusam.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen antara lain adalah paparan asap rokok, kurang tidur, dan konsumsi makanan yang kurang bergizi, seperti junk food.

Munculnya ciri-ciri wajah kusam menandakan bahwa wajah perlu dirawat dengan lebih baik agar bisa terlihat lebih cerah, indah, dan bersinar. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah kusam:

  • Mengonsumsi air putih secukupnya per hari
  • Gunakan pelembap wajah yang sesuai jenis kulit
  • Tidur setidaknya 8 jam sehari
  • Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap hari, terutama jika akan beraktivitas di luar ruangan pada siang hari
  • Jangan merokok
  • Bersihkan make-up sebelum tidur

Bila setelah melakukan beragam cara untuk mengatasinya tetapi ciri-ciri wajah kusam tidak kunjung hilang, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: alodokter

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: