Ratusan Biksu Minta Sedekah “Pindhapata” di Candi Mendut

BNews—MUNGKID— Menjelang Waisak, ratusan Biksu lakukan ritual Pindhapata di sekitaran Candi Mendut pagi tadi (18/5). Ritual meminta sedekah yang dilakukan para biksu ini biasanya dilaksanakan di Pecinan Kota Magelang, namun kali ini pindah.

“Lokasi Pindhapata kali ini dilakukan di Candi Mendut, karena untuk mengenang karena Candi Mendut juga merupakan salah satu Candi Budha,” ungkap Banthe Subin.

Proses Pindhapata sendiri dimulai sejak pukul 08.00 wib. Ratusan biksu berkeliling Candi Mendut sambil membawa baskom untuk tempat pendana berdherma, Namun Sebelum menggelar ritual Pindapata, ratusan Biksu yang berasal menggelar doa dan puja bakti.


“Pindapata ini setiap tahun menjelang waisak. Ini bentuk derma dan setiap saat umat harus rela membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan,” imbuhnya.


Sementara para umat Tri Dharma sudah menanti biksu dengan posisi tangan anjali sebagai bentuk penghormatan kepada sang Buddha. Umat juga menyiapkan angpao berisi uang atau makanan. Dalam kepercayaan Buddha, jika umat memberi sedekah kepada biksu maka akan mendapatkan berkah dan rezeki melimpah di kemudian hari. (bsn)

error: Content is protected !!