Kenali 6 Prinsip Asuransi Syariah Sebelum Membelinya

BNews–NASIONAL– Prinsip asuransi syariah sangat menjunjung nilai-nilai agama. Akad yang digunakan juga berdasarkan dari hukum Islam. Jadi, bagi warga beragama Islam tentu hal ini akan sangat berguna.

Dengan demikian, bukan hanya bisa mendapatkan perlindungan, tetapi juga meneguhkan ajaran agama. Hal ini pun saling menguntungkan antara pihak asuransi dan penggunanya.

Prinsip Asuransi Syariah

Sebelum mengikuti asuransi ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu mengenai prinsip dasarnya. Dengan begitu, maka akan mengerti dan memahami betapa indahnya nilai-nilai di dalamnya.

1. Prinsip Tauhid

Dengan menggunakan prinsip ini, mengadakan asuransi bukan hanya untuk uang. Melainkan hal yang utama adalah bagaimana caranya menjalankan nilai agama di dalamnya. Arti tauhid sendiri adalah sesuatu yang berjalan sesuai nilai-nilai ketuhanan. Jadi, harus mengamalkan dan tidak boleh menentangnya. Apalagi semua ajaran agama tentu berdampak pada hal-hal baik.

2. Tolong-menolong

Ketika telah memutuskan untuk membeli asuransi syariah, maka harus ada niatan tolong-menolong. Sebab, pada dasarnya sistemnya memang seperti itu. Pihak asuransi hanya mengelola keuangan. Adanya asuransi sama halnya menabung untuk diri sendiri atau keluarga dalam hal yang belum pasti.

Dikatakan belum pasti karena tidak ada yang tahu terdapat kejadian apa di masa depan.  Untuk itulah, jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, seperti kecelakaan, kebakaran, dan lainnya. Maka, bisa menggunakan uang asuransi, sehingga biaya akan terasa ringan.

3. Saling Ridha

Artinya tidak ada paksaan diantara kedua pihak yang melakukan akad. Pengguna asuransi rela uangnya dikelola sesuai sistem yang berlalu. Sedangkan, pihak asuransi juga rela diberikan amanah terhadap dana tersebut.

4. Amanah

Prinsip dasar asuransi syariah selanjutnya adalah amanah. Rasa saling kepercayaan antara kedua belah pihak memang sangat dibutuhkan. Maka dari itu, pilihlah asuransi yang amanah.  Biasanya, pihak perusahaan asuransi akan memberikan laporan keuangan kepada pelanggan secara transparan. Dengan begitu, nasabah akan mengetahui dan percaya terhadap pengelolaannya.

5. Kerja Sama

Prinsip ini tergolong sangat penting dalam sebuah akad asuransi. Dalam ajaran Islam pun selalu dianjurkan untuk menerapkan prinsip kerja sama. Dengan hal ini, nantinya akan ada keterikatan yang kuat. Mengingat juga bahwa manusia tidak dapat berdiri sendiri. Dalam artian, pasti membutuhkan bantuan orang  dalam hal apa pun. Baik di kehidupan sehari-hari maupun dalam akad asuransi.

6. Keadilan

Prinsip keadilan artinya tidak membeda-bedakan antara satu nasabah dengan lainnya. Namun, bukan berarti semua di sama ratakan. Sebab, pengelolaan nantinya tergantung dengan akad yang dipilih. Dengan begitu, kedua pihak bisa saling memahami hal dan kewajibannya. Selain itu, laporan keuangan yang diberikan kepada nasabah harus mengandung prinsip keadilan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Syariah

Ada beberapa kelebihan dari asuransi syariah yang bisa Anda nikmati. Yang pertama adalah tidak ada unsur riba. Dalam ajaran Islam, riba tidaklah dibenarkan dan seorang Muslim tidak boleh menerapkannya. Asuransi syariah tidak memiliki hal seperti itu, semuanya tergantung akad yang disepakati.

Akad dalam asuransi syariah ialah menggunakan akad tabarru, wakalah bila ujian, dan mudharabah. Semua akad tersebut tidak ada yang memakai sistem bunga, sehingga tidak ada riba di dalamnya. Kelebihan kedua adalah bisa menghindari Gharar. Gharar memiliki arti ketidakjelasan, baik pada layanan maupun harga dari asuransi. Dengan prinsip ini, maka asuransi syariah tentu memiliki layanan yang jelas beserta laporan lengkap.  

Dengan begitu, nasabah tentu akan memiliki kepercayaan besar terhadap pihak asuransi. Jadi, tidak akan ragu lagi untuk bergabung di dalamnya. Kelebihan yang terakhir adalah penyusunan asuransi yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist serta nasabah bisa mendapatkan keuntungan yang proporsional.

Sementara itu, kekurangan dari asuransi ini adalah tidak bisa menginvestasikan dana yang terkumpul ke sembarang bentuk investasi. Semuanya harus melalui persetujuan dari Dewan Pengawas Syariah. Selain itu, dalam asuransi syariah juga tidak semua anggota keluarga bisa diasuransikan.

Nah, apabila Anda ingin mencari asuransi syariah terpercaya, maka bisa menggunakan produk asuransi dari Prudential. Perusahaan asuransi ini telah memakai prinsip-prinsip tersebut di dalamnya. Untuk mengenal produk asuransi syariah Prudential, maka bisa mengunjungi langsung situs resmi dari Prudential. Bersama produk syariah dari Prudential, Anda bisa mendapatkan perlindungan terbaik untuk diri sendiri dan keluarga dengan prinsip syariah.

Itulah berbagai prinsip yang ada pada asuransi syariah. Dengan prinsip asuransi syariah yang dipakai oleh perusahaan tersebut, maka nasabah tidak perlu cemas. Sebab, layanannya bisa menjamin untuk kehidupan penggunanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: