KEREN! Anak-anak Kibarkan Bendera Merah Putih di Kaki Merapi-Merbabu

BNews—JATENG— Masyarakat di Dukuh Selo Tengah, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, mengibarkan bendera Merah Putih di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, Selasa (17/8). Sebelum dikibarkan, aksi memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, bendera sepanjang 30 meter tersebut diarak.

Kegiatan ini dilakukan pada Selasa pagi sekitar pukul 09.15WIB. Sekitar 20 orang warga setempat menyiapkan bendera merah putih berukuran panjang sekitar 30 meter dan lebar sekitar enam meter, di persimpangan jalan kampung. Secara bersama-sama diarak menuju area perkebunan warga.

Warga mengarak bendera sambil memekikkan kata-kata kemerdekaan untuk Indonesia. Bukan hanya kalangan remaja, kegiatan juga diikuti oleh anak-anak.

Setelah sampai perkebunan di lereng gunung, bendera lalu dibentangkan. Warga yang turut mengarak bendera lalu memberi hormat pada bendera serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Kegiatan pengibaran bendera di kaki Gunung Merapi dan Merbabu itu adalah sebagai wujud semangat warga Selo. Khususnya dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia.

Bendera yang dikibarkan dengan ukuran yang cukup besar itu hanya sebagai simbol nasionalisme warga. ”Bukan ukuran yang terpenting. Sebab akan lebih besar lagi bendera yang ada di hati para warga di Selo,” kata satu tokoh masyarakat yang ikut dalam kegiatan itu, Kasno Trisno Samiaji.

Kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini sudah menjadi agenda tahunan bagi warga Selo. Namun adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelaksanaanya pun disesuaikan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Ia menyebut kegiatan perayaan tahun ini hanya diikuti perwakilan warga saja. Pengibaran bendera di kebun tersebut juga sebagai upaya untuk mengobati rindu warga Selo, khususnya anak-anak dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

”Sebab tahun ini, yang masih di masa pandemi Covid-19, tidak ada perlombaan yang digelar,” terangnya.

Kadus I Desa Selo, Mashudi yang ikut memantau kegiatan itu mengaku bangga dengan semangat warga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada warga Selo yang tetap antusias memperingati Hari Kemerdekaan ini.

”Meski tidak dilakukan upacara secara resmi, tapi warga dengan antusias memperingati dengan pengibaran bendera seperti tadi. Kami berharap ke depan pandemi Covid-19 segera berakhir agar aktivitas masyarakat bisa normal kembali,” imbuh dia, mengakhiri. (ifa/han)

Sumber: Solo Pos

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: