SEJARAH : Ini Alasan Jalur Kereta Api di Magelang Terpaksa Ditutup

BNews—MAGELANG— Magelang pernah Berjaya dengan jalur kereta apinya. Di era 1989 sebelum kemerdekaan jalur kereta api telah dibangun di Magelang.

Pusat jalur kereta api ada di Kawasan Stasiun ebonpolo Kota Magelang. Dilansir dari berbagai sumber, Stasiun ini dahulu dibangun sebagai perpanjangan dari jalur kereta api Yogyakarta–Magelang oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Stasiun ini dibuka pada tanggal 1 Juli 1898. Stasiun ini dibuka oleh NIS bersama segmen Magelang–Secang pada tanggal 15 Mei 1903.

Kenangan naik kereta Jogja-Magelang memang masih tersimpan lekat di memori orang-orang yang pernah menggunakan moda angkutan massal yang cukup populer pada masanya itu. “Dulu masih sering naik kereta api dari Bedono ke Magelang,” kata Ngesti Prawiro, 80, salah satu saksi hidup kereta api Magelang.

Memasuki tahun 1970, penumpang di stasiun ini menurun drastis karena kereta api saat itu berjalan dengan kecepatan sangat pelan. Mereka lebih memilih menggunakan moda transportasi lain seperti bus, mobil, dan lain-lain.

Ditambah lagi pada tahun 1974, jalur kereta api yang melintang di atas Jembatan Krasak perbatasan Magelang Jogjakarta runtuh. Jembatan runtuh akibat banjir lahar dingin.

Karena terus merugi, Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) terpaksa menutup jalur ini pada tahun 1976. Setelah dinonaktifkan, sebuah gerbong kayu CR dipajang di depan bekas stasiun ini.

Hal ini untuk membuktikan bahwa dahulu ini adalah bekas stasiun. Kemudian, pada tahun 2011 gerbong CR itu dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa  Kini bekas stasiun ini telah berubah menjadi Terminal Angkutan Kota Kebonpolo.

Bangunan stasiun yang jadi titik pemberangkatan dan turun, kini sudah tidak tampak lagi bekasnya. Pun lintasan relnya, hanya secuil masih tersisa. Sebagian besar tertutup tanah atau tertimbun aspal jalan nasional. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: