KEREN !! SD Kanisius Sumber Libatkan Siswa Dalam Acara Sekolah Penggerak

BNews-MAGELANG- Berlokasi di SD Kanisius Sumber digelar Diseminasi Program Sekolah Penggerak yang digelar 21 Mei 2024 lalu. Dimana acara tersebut dihadiri oleh para kepala sekolah, guru, dan pemangku kepentingan pendidikan di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Dari kegiatan diseminasi ini, kami mendapatkan banyak inspirasi. Materi diseminasi sudah tersusun rapi di file operator maupun arsip notulis. Selain materi diseminasi, pihak sekolah juga tertarik dengan keterlibatan aktif para siswa dalam berbagai peran penting selama acara.

Kepala Sekolah SD Kanisius Sumber, Christiana Triastuti mengatakan dalam acara tersebut para siswa dilibatkan dalam kegiatan. “Kami libatkan para siswa untuk aktif di acara tersebut. Seperti menjadi pembawa acra, penerima tamu, pengisi acara, dan pengantar makanan untuk tamu,” katanya.

Dalam acara tersebut terlihat pendidikan di era modern saat ini tidak hanya berkutat pada transfer ilmu di dalam kelas saja. Sekolah dituntut untuk memberikan keterampilan dan pengalaman relevan dengan dunia nyata kepada siswanya.

“Salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan ini adalah dengan melibatkan siswa dalam acara umum orang dewasa,” imbuhnya.

Christinas menambahkan, melibatkan siswa dalam acara umum orang dewasa memiliki banyak manfaat. Baik bagi siswa maupun bagi sekolah.

“Manfaat tersebut antara lain mampu mengembangkan Keterampilan Interpersonal dan Komunikasi; lalu meningkatkan Rasa Tanggung Jawab dan Disiplin. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan dan Meningkatkan Rasa Memiliki dan Kebanggaan Terhadap Sekolah. Serta Mempersiapkan Siswa untuk Masa Depan,” paparnya.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA (KLIK DIISINI)

Menurutnya, ada beberapa tips untuk melibatkan siswa dalam acara umum secara efektif. Yakni dengan siswa memilih sendiri acara sesuai minat siswa.

“Selain itu kita memberikan pelatihan sebelum acara, mengawasi dan membimbing siswa selama acara; memberikan penghargaan, dan melakukan evaluasi,” tegasnya.

Salah satu Kepala Sekola SD Negeri di Dukun, Sarindi menyampaikan aprisiasinya kepada SD Kanisius Sumber. “Selamat dan sukses untuk SD Kanisius Sumber. Terima kasih atas inspirasi hari ini. Kita yakin generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk bersinar dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa,” katanya.

Sarindi juga mengajak kita semua untuk selalau antusiasme dan belajar. “Mari terus mendukung semangat belajar dan antusiasme mereka. Bersama, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mengembangkan bakat mereka menuju masa depan yang lebih gemilang,” ajaknya.

Menurutnya melibatkan siswa dalam acara umum orang dewasa merupakan strategi yang bermanfaat ;untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi yang tangguh dan percaya diri.

“Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kelas, sekolah dapat membantu mereka mencapai potensi penuh dan menjadi individu yang sukses di masa depan,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!