Keren…Taman Baca Blondo Jadi Juara Se Kabupaten Magelang

BNews—MUNGKID-– Dalam rangka menggiatkan gerakan literasi masyarakat, pemerintah Kabupaten Magelang menyelenggarakan lomba taman bacaan masyarakat (TBM) tingkat kabupaten magelang tahun 2019. TBM Omah Buku Desa Blondo keluar menjadi juara pertama.

Kegiatan ini diadakan oleh  Disdikbud Kabupaten Magelang mulai tanggal tanggal 1 November 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 taman baca di Kabupaten Magelang.

Advertisements


Seluruh TBM yang ada berhak mengikuti lomba dengan mengirimkan profile TBM dan dokumentasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Pengiriman profile dibatasi sampai waktu satu minggu.


Budi Santoso Ketua TBM Omah Buku Desa Blondo mengatakan bahwa tidak semua TBM mampu mengirimkan profilnya, hanya limabelas yang mampu. ”Setelah mengirimkan profil, kemudian diadakan visitasi oleh Tim Juri yang terdiri tiga orang,” katanya/

Ketiga juri tersebut berasal dari unsur Pengawas Pendidikan Non Formal, Forum TBM Provinsi Jawa Tengah dan Perpustakaan Kabiipaten Magelang. “Untuk visitasi dilakukan tanggal 8-15 November 2019 lalu,”imbuhnya.

KEREN: Para Juara Lomba TBM tingkat Kabupaten Magelang (Foto:Istimewa)
KEREN: Para Juara Lomba TBM tingkat Kabupaten Magelang (Foto:Istimewa)

Dari Limabelas TBM diambil enam juara terbaik. Mereka urut dari juara 1 hingga juara 3 yakni : TBM Omah Buku Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, TBM Omah Eling, Ngadiharjo Borobudur, dan TBM Omah Moro Moco, Desa Ketangi Kaliangkrik.

Sedangkan untuk juara Harapan 1 hingga juara Harapan 3 juga ada. Mereka yakni TBM Omah inggir Kali, Sriwedari Salaman, TBM Adiba, Desa Seloboro Salam dan TBM Rumah Baca Alam Kalijaga, Sidogede Grabag.

Pemberian penghargaan kepada para juara dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan pameran Pendidkan Non Formal (PNF) Kabuaten Magelang (19-21/11). TBM Omah Buku Desa Blondo berhasil meraih juara 1, mendapatkan uang pembinaan sebanyak tiga juta rupiah.

Budi Susilo mengatakan bahwa uang pembinaan tersebut akan dipergunakan untuk pengembangan dan kegiatan TBM. “Akan kami gunakan untuk perpustakaan, bukan untuk pribadi saya,” pungkasya.. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: