Ketika 1500 Penambang Manual Tanam 10 Ribu Pohon di Merapi

BNews—SRUMBUNG— Sebanyak 1500 buruh senggrong tambang Merapi dan Sopir Truk Material Merapi berkumpul di Depo Pasir Kemiren Srumbung Magelang pagi ini (11/11). Mereka berkumpul untuk melakukan penghijauan di sepanjang jalan ke Lokasi Tambang Kali Bebeng dan Hutan Rakyat kawasan Mori Srumbung.

 

Sebanyak 10 ribu bibit pohon terdiri dari bibit afrika, duren, sengon, apokat, sirsat, randu, trembesi, salam dan banyak lagi. Peserta sebanyak 1500 orang berasal dari Paguyupan Buruh Senggrong Merapi, Merapi Tans Community, Cv Intan Sakti Raya, CV Sina Cahaya Abadi, Jamaah Bandoso Srumbung, dan Masyarakat Kemiren.

Advertisements


Ketua Pelaksana Habid Achmad, 38 perwakilan CV Intan Sakti Raya menerangkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk tetap menjaga ekosistem di kawasan Merapi.”Hal ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada nasib anak cucu kita kedepan,” katanya.


Puluhan papan himbauan juga ikut dipasang agar para penambang manual tidak menambang dan mengambil kayu di area Hutan (11/11)00(Foto--bsn)
Puluhan papan himbauan juga ikut dipasang agar para penambang manual tidak menambang dan mengambil kayu di area Hutan (11/11)00(Foto–bsn)

“Penghijauan ini juga diharapkan bisa menjadi resapan air, karena melihat stok air di daerah sini semakin berkurang,”imbuhnya.

Tidak hanya penghijauan saja, ribuaan penambang ini bersama sama menaiki ratusan unit truk menuju lokasi penanaman dengan membawa papan himbauan.”Puluhan papan himbau juga kami siapkan untuk kita pasang di beberapa titik jalan dan hutan rakyat,”ujarnya.

Beberapa papan himbauan ini bertuliskan dilarang untuk menambang atau menggali di area hutan, dilarang mengambil kayu di Hutan rakyat maupun TNGM dan sebagainya.”Ini kegiatan pertama yang kami lakukan dan rencana akan menjadi agenda rutin tahunan,”pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga:

BERITA SEPUTARAN MERAPI

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: