Kirab Gunungan Hari Jadi ke-28 Pasar Desa Podosoko Magelang Berlangsung Meriah

BNews—MAGELANG— Ratusan warga memadati sepanjang tepi jalan Bulu Pathuk, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang untuk menyaksikan Kirab Gunungan dalam rangka Hari Jadi ke-28 Pasar Desa Podosoko, Minggu (18/9/2022).

Pantauan Borobudurnews, kirab dimulai dari Dusun Bulu Kidul menuju ke terminal Pasar Desa Podosoko. Sejak pagi, para peserta kirab sudah berkumpul di lokasi start. Mereka memakai kostum dan atribut yang meriah.

Ada juga empat gunungan yang diarak, terdiri dari dua gunungan sayur dan buah, satu gunungan jajanan pasar dan satu gunungan tumpeng nasi kuning.

Setiba di titik finish, gunungan sayur dan buah serta jajanan pasar menjadi rebutan masyarakat. Warga, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia, mengambil bagian dalam perebutan gunungan itu. Meski antusias warga membeludak, kegiatan tersebut berjalan lancar.

”Rute kirab kurang lebih sepanjang 600 meter. Pesertanya sebagian besar adalah pedagang pasar. Ada juga beberapa warga, pelaku seni, perangkat desa, pengurus pasar dan pengurus bumdes,” kata Ketua Bumdes Jaya Mandiri Podosoko sekaligus panitia acara, Haryono.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sebagai wujud ucapan syukur bahwa Pasar Desa Podosoko telah berusia 28 tahun.

”Sebagai wujud syukur, nguri-nguri budaya dan sebuah doa supaya pasar ini lebih memiliki daya tarik, lebih maju dan diminati masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Haryono menyebut bahwa acara peringatan hari jadi Pasar Desa Podosoko ini menjadi yang pertama kali digelar. Diharapkan kedepannya bisa menjadi event tahunan.

”Semoga nanti setiap tahun bisa dilaksanakan acara serupa. Jadi sebuah event tahunan setiap bulan September,” harapnya.

Kepala Desa Podosoko, Tuban Subagyo pun mengapresiasi acara peringatan Hari Jadi ke-28 Pasar Desa Podosoko tersebut. Diharapkan, dengan acara ini dapat lebih menarik masyarakat untuk berbelanja di pasar.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang membantu terselenggaranya acara ini. Harapannya, Pasar Desa Podosoko bisa lebih dikenal masyarakat luas,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!