Kisah Pilu Pasien Sembuh Corona di Wonosobo, Ingin Pulang Tapi Tak Punya Rumah

BNews—WONOSOBO— Satu pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Wonosobo dikabarkan telah dinyatakan sembuh. Meski telah berstatus negatif terinfeksi virus corona, pasien berinisial SA belum bisa pulang.

Perempuan berusia 44 tahun ini sembuh setelah menjalani dua kali uji swab yang hasilnya negatif. Karena baru sembuh, ia hingga saat ini masih menjalani karantina di rumah sakit setempat.

Petugas yang menangani SA sempat berhadapan dengan persolan baru. Ia ternyata tidak memiliki rumah di Wonosobo.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Darurat Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo dr Mohammad Riyatno membenarkan bila SA tidak memiliki tempat tinggal sendiri di Wonosobo. Bila dipulangkan, ia mungkin akan tinggal satu atap alias menumpang di rumah anggota keluarganya.

”Betul dia tidak punya tempat tinggal di Wonosobo,” kata Riyatno, membenarkan, (10/4).

Persoalan tersebut kemudian menemui jalan keluar. Pemkab Wonosobo telah menyiapkan rumah singgah baginya, yakni sebuah gedung yang khusus diperuntukkan bagi warga untuk karantina. SA bisa sedikit lega.

”Kami ada gedung untuk karantina, SA akan dikarantina selama 14 hari meski telah dinyatakan sembuh,” terangnya.

Loading...
Baca juga: Daftar Pekerjaan Yang Tidak Terganggu Covid-19

Pihaknya memutuskan melakukan karantina untuk pasien sembuh SA menunggu kesiapan pihak keluarga untuk menampungnya. Riyatno juga berharap puskesmas dan masyarakat setempat bisa mengedukasi warga sekitar agar mau menerima pasien yang telah sembuh dari corona.

”Karena untuk dipulangkan butuh persiapan,” kata dia.

Bagi SA, menyandang status sembuh dari infeksi corona tidak membuat pasien dengan mudah diterima masyarakat. Mereka terlanjur paranoid terhadap covid-19.

Artinya, ini adalah ujian dan tantangan bagi pasien yang telah negatif dari virus tersebut. Bagaimana, setelah sembuh, ia bisa diterima kembali ditengah keluarga dan masyarakat yang terlanjur ’parno’ terhadap virus itu.

Seperti diketahui sebelumnya, SA memiliki riwayat pernah bekerja pada orang yang diduga terinfeksi corona di Jakarta. Ia kemudian mudik dengan angkutan umum.

Hingga akhirnya mengeluhkan gejala mirip corona dan harus dilarikan ke rumah sakit. Dua pekan sejak dirawat di RSUD Wonosobo, SA akhirnya dinyatakan sembuh usai dua kali menjalani uji swab. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: