Komisi I DPRD Magelang Pastikan Dana Desa Bisa Digunakan Untuk Pencegahan Corona

BNews—MUNGKID— DPRD Kabupaten Magelang menggelar rapat terbatas dengan Dispermades, untuk membahas optimalisasi dana desa untuk penanganan Virus Corona (Covid-19). Dalam rapat diputusakan bahwa dana desa bisa digunakan untuk kegiatan penanganan Corona.

Ketua Komisi I DRPD Kabupaten Magelang Prihadi mengatakan pihaknya langsung menggelar rapat bersama Dispermaede mengingat aksi antisisipasi Virus Corona harus dilakukan secara menyeluruh. Oleh semua lini pemerintahan.

“Mulai dari Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan unsur pemerintah desa. Semua harus sinergi melakukan hal yang sama. Ini pandemi yang tidak boleh disepelekan dan harus dilakukan upaya bersama-sama,”kata Prihadi.

Dalam rapat terbatas itu, hadir pejabat Dispermades Kabupaten Magelang dan BPPKAD. Mereka kemudian menyepakati dan memperbolehkan alokasi dana desa untuk penanganan Covid-19.

Prihadi mengatakan pihaknya berharap supaya regulasi segera disampaikan ke pemerintah desa. Seperti telah diterbitkannya Surat Edaran Kemendes PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

DPD PKS Magelang Ramadhan


Menurutnya, dengan sudah adanya SE Kemendes itu, desa bisa segera melakukan langkah langkah antisipatif dan penanganan Wabah Covid-19. Diantarnya dengan melakukan penyempotan disinfektan menyeluruh, memberikan sosialsiasi kepada warga.


Kemudian melakuan pendataan warga rentan yang berusia lanjut. Juga memastikan tidak ada warga yang berkumpul dan melakukan kegiatan yang melibatkan massa lebih dari lima orang.


“Saya juga meminta supaya anggaran desa segera dicairkan ke kas desa. Secepatnya,” tambah dia.


Lebih lanjut, anggota DPRD dari Fraksi Gerindra ini berharap pemerintah Kabupaten Magelang seerius dalam menghadapi Bencana Covid-19. Data harus tepat dan disajikan secara terbuka kepada masyarakat. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: