Saparan, Warga Sawangan Kirab 800 Tumpeng dan Ingkung Ayam

BNews—SAWANGAN—Sebanyak 800 tumpeng dan ingkung ayam di kirab warga diantara Merapi dan Merbabu pagi tadi (15/10). Acara tersebut merupakan rangkaian Merti Dusun Saparan di Dusun Sanden Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan.

Selain tumpeng dan ingkung ayam, berbagai jenis hasil bumi warga juga disusun menyerupai gunung ikut dikirap oleh ratusan masyarakat. Secara suka cita masyarakat tumpah ruah di jalan Dusun mengkirab semua itu sejauh kurang lebih 1 kilo meter.

Advertisements


Kepala Dusun Sanden, Padi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan secara turun temurun setiap tahun di Bulan Sapar. “”Kami kirab tumpeng tersebut keliling kampung hingga perbatasan Kabupaten Boyolali dan kembali ke Balai Dusun,” katanya.

ADAT : Ratusan gunungan dan ingkung dikumpulkan di balai dusun untuk doa bersama (15/10)--(Foto-istimewa)
ADAT : Ratusan gunungan dan ingkung dikumpulkan di balai dusun untuk doa bersama (15/10)–(Foto-istimewa)

Setelah di kirab, gunung tersebtu dikumpulkan di Balai Dusun untuk berdoa bersama. “Dengan kegiatan ini, kedepan diharapkan agar warga selalu selamat dari mala petaka dan bencana. Tidak hanya kami berharap masyarakat juga diberi kesehatan sehat waras rejeki lancar dari usaha apapun baik tani usaha yang lainya,” paparnya.


“Tentrem Ayem selalu intinya,” tegasnya.

Setelah dilakukan doa bersama, ratusan tumpeng dan ingkung itu dimakan bersama masyarakat dan warga yang melintas di jalan. “Sebelum mulai makan, sebagian daging ayam diberikan terlebih dahulu kepada penari tayup dan dibagikan dipinggir jalan raya untuk pengendara yang melintas di jalur Magelang-Boyolali,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: