KPU Kota Magelang Mutakhirkan Data Pemilih Berkelanjutan, Ini Hasilnya

BNews—MAGELANG— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Hal ini dilaksanakan dalam rapat pleno tertutup di Kantor KPU Kota Magelang pada Senin (31/5/2021).

Anggota KPU Kota Magelang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Purwanti Juli Wardani mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Magelang.

”Koordinasi ini terkait mutasi penduduk berupa data potensi pemilih baru, pemilih yang TMS atau yang terdapat perubahan elemen data,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Bawaslu Kota Magelang selaku pengawas kegiatan pemutakhiran data pemilih. Serta menerima masukan dari layanan online melalui Whatsapp Center dengan nomor 082-137-017-118.

“Proses yang kami lakukan terhadap masukan dan tanggapan tersebut adalah pencermatan terhadap data. Yakni menyandingkan dengan daftar pemilih kami untuk ditindaklanjuti sesuai kategori data. Pencermatan ini kami lakukan dengan tujuan agar data yang tersaji untuk PDB ini adalah data yang valid,” jelas Purwanti.

Sebagai informasi, rekapitulasi bulan April lalu, data DPB berjumlah 93.515 pemilih dengan rincian 44.874 pemilih laki-laki dan 48.641 pemilih perempuan. Setelah dilakukan pencermatan di periode bulan Mei, terdapat 2 pemilih baru, 100 pemilih TMS karena meninggal, 134 pemilih TMS karena pindah domisili, dan 1 pemilih TMS karena menjadi anggota TNI.

”Jumlah pemilih bulan Mei 2021 tercatat sebanyak 93.282 pemilih, terdiri dari 44.777 pemilih laki-laki dan 48.505 pemilih perempuan,” ujar Purwanti.

Lebih lanjut, dia memaparkan, mengacu Surat Ketua KPU RI  Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021. Tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021. Dijelaskan, rapat koordinasi dengan pihak terkait hanya dilakukan setiap triwulan.

”Terkait hal ini, KPU Kota Magelang akan mengundang pihak terkait pada akhir Juni 2021,” papar dia.

Tambah Purwanti,  KPU Kota Magelang terus berupaya mewujudkan daftar pemilih yang valid dan termutakhir, baik kuantitas maupun kualitasnya. Yakni melalui pemutakhiran secara periodik dan berkelanjutan. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: