Sejarah Awal Mula Website Beroperasi

BNews—TEKNO— Dunia digital terus berkembang pesat di industri tanah air termasuk website. Namun, perlu juga diketahui awal mula website ditemukan.

Penemu website adalah Sir Timothy John Tim Berners-Lee, dan website yang bisa terhubung dengan jaringan pertamakali dalam sejarah muncul pada tahun 1991.

Tujuan tim ini mendirikan jaringan website adalah untuk memudahkan penukaran informasi dan memperbaharui info-info kepada para peneliti di tempat bekerjanya.

Pada tanggal 30 April 1993, menginformasikan bahwa World Wide Web dapat digunakan secara gratisan oleh semua orang di seluruh dunia.

Kini website ditulis, secara dinamik dan dikonversikan menjadi HTML, kemudian dikases melalui program software atau disebut sebagai web browser.

Halaman web ini bisa diakses melalui perangkat komputer/laptop, PPDA, telepon seluler yang terhubung dengan internet.

Umumnya halaman website yang berbentuk dokumen ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan bisa dibuka melalui HTTP. Nah, apa itu HTTP?

Yakni suatu protokol yang akan memberikan informasi dari sebuah server situs agar dapat dipertunjukkan di beberapa web browser. Berbeda dengan website, untuk pengertian lebih detail, simak di bawah ini. (wan/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: