KPU Sosialisasikan Syarat Calon Gubernur Jalur Perseorangan

BNews—MUNGKID— Pemilu Gubernur Jawa Tengah akan berlangsung serentak Juni 2018 mendatang. Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, Divisi Hukum, Muhammad Hakim Juanaidi memberikan Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pilgub Jateng 2018, bertempat di Aula RM Progosari Mungkid Magelang.

 

“ Selama ini belum pernah ada calon Gubernur pada pemilu gubernur yang mendaftar melalui jalur perseorangan,” ungkap Muhammad Hakim Juanaidi.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Magelang, mengundang peserta sosialisasi dari Ormas Kabupaten Magelang, Perguruan Tinggi, Panwaslu dan tamu undangan. Dalam kesempatan ini Juanaidi juga menyampaikan persyaratan maju melalui jalur perseorangan.

“ Untuk syarat dukungan minimal 1.781.606 dukungan itu berdasar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu/Pemilihan terakhir, Angka tersebut mengacu kepada DPT Pemilu terakhir, terdapat 27.409.316 pemilih,” ungkapnya.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir itu diperoleh dari Pilkada serentak 2015 di 21 kabupaten dan kota. Serta Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota 2017. Sisanya yakni tujuh kabupaten/kota diambilkan dari DPT Pilpres 2014, sebab baru akan menggelar Pilkada serentak bersamaan Pilgub 2018.

“ Tujuh daerah tersebut yang melaksanakan Pilkada  Serentak Bupati/Walikota dan Gubernur adalah  Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kudus, Karanganyar, Kabupaten Magelang, Temanggung dan Banyumas,” paparnya.

 

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 pasal 9 huruf d, dinyatakan bahwa provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat dalam DPT Pemilu Terakhir lebih dari 12 ribu jiwa harus didukung paling sedikit 6,5 persen.

 

“ DPT Pemilu terakhir di Jawa Tengah sebanyak 27.409.316, jadi jumlah dukungan minimal 6,5% : 1.781.606 yang tersebar di lebih 50% wilayah kabupaten/kota yaitu 18 kabupaten/kota,” jelasnya.

“ Untuk tahapan penyerahan syarat dukungan ke KPU Provinsi  dijadwalkan pada tanggal 22-26 November 2017, selanjutnya dilakukan sesuai tahapan selanjutnya, seperti penelitian jumlah minimal dukungan sebaran, penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda dan lain-lain,”pungkasnya. (bsn)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: