KSAD Andika Perkasa Resmikan Gereja Ignatius Slamet Riyadi di Magelang

BNews—MAGELANG— Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan Gereja Katolik Ignatius Slamet Riyadi di Kesatrian Akmil, Kabupaten Magelang, Jumat (30/7). Diharapkan dengan dibangunnya gereja ini, ibadah, pelakanaan kebersamaan dan Pendidikan keagamaan taruna-taruni Akmil pemeluk Katolik lebih bagus.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal Andika Perkasa turut didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, gubernur dan wakil gubernur Akmil. Serta para perwakilan Romo Paroki Santo Mikael Panca Arga.

”Pembangunan Gereja Katolik ini kerja sama dengan Keuskupan Agung Semarang dengan Gubernur Akmil di masa kepemimpinan Letjen TNI Dudung Abdurachman,” kata Kasi Rohani Katolik Pembinaan Mental Akmil Mayor Inf Kamut Sutanto, Jumat (30/7).

Ia menjelaskan, selama ini di Akademi Militer sudah ada Gereja Katolik. Namun, lokasinya di luar kesatrian, di kompleks perumahan.

Taruna Katolik terkendala karena tidak ada waktu untuk mengikuti ibadah di luar. Sementara di dalam tidak ada sarana prasarana untuk taruna beragama Katolik.

”Selama ini Taruna Katolik dan peserta didik yang lain yang perlu kami layani dalam kesatrian ini, kami laksanakan ibadah berpindah tempat. Kami mengajukan tempat di kelas, lapangan, ketika hari Minggu dan di hari-hari yang lain,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya kemudian berpikir untuk membangun gereja untuk para Taruna Akmil. Rencana ini dikomunikasikan dengan Keuskupan Agung Semarang.

”Ada komunikasi, bagaimana kalau dibuatkan gereja untuk taruna Akademi Militer. Ini kemudian ditindaklanjuti oleh Keuskupan Agung Semarang dibuatkanlah bangunan gereja ini,” ujarnya.

Gubernur Akmil Magelang, Mayjen TNI Candra Wijaya, berharap gereja ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk beribadah. Serta pendidikan keagamaan bagi para taruna-taruni Akmil.

”Dengan dibangunnya Gereja Katolik ini, Saya berharap agar ibadah, kemudian pelaksanaan kebersamaan dan pendidikan keagamaan mereka di gereja itu lebih bagus. Sebab, lebih dekat tempatnya dan fasilitasnya juga sangat bagus sehingga mereka bisa lebih enak dalam beribadah,” tuturnya. (han/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: