5 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

BNews—KESEHATAN— Pepaya merupakan salah satu buah yang mudaj ditemukan. Buah ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain vitamin yang cukup tinggi, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi lain agar tubuh dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Dalam 152 gram pepaya mengandung:

  • Kalori: 59.
  • Karbohidrat: 15 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Vitamin C: 157 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 33 persen kebutuhan harian.
  • Folat: 14 persen kebutuhan harian.
  • Potasium: 11 persen kebutuhan harian.

Selain itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, magnesium, vitamin B, dan K. Pepaya juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid salah satunya yaitu likopen. Buah ini juga mengandung enzim yang dikenal sebagai enzim papain.

Pepaya memiliki banyak biji berwarna hitam di dalamnya. Meskipun aman dikonsumsi, tetapi bijinya memiliki rasa pahit. Nah berikut ini beberapa manfaat papaya untuk kesehatan tubuh yang mungkin masih jarang diketahui.

1.Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan berasal dari enzim yang terkandung dalam buah ini.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim tersebut mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.

2.Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Manfaat pepaya lainnya adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Ingat, berbagai vitamin tersebut diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

3.Menjaga kesehatan rambut

Manfaat pepaya juga berkaitan dengan kesehatan rambut. Buah ini mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

4.Menyembuhkan luka pada lapisan perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah pepaya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5.Mengoptimalkan kesehatan mata

Pepaya memiliki kandungan zeaxanthin yang cukup tinggi. Zeaxanthin adalah salah satu jenis kandungan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan mata. Memenuhi kebutuhan nutrisi ini terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Meski manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh cukup banyak, tapi sebaiknya jangan mengosumsi buah ini secara berlebihan. Pepaya memang mengandung banyak serat, dan bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Kulit pepaya juga mengandung lateks, yang bisa mengiritasi lambung bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Begitu juga pada wanita hamil, sebaiknya menghindari mengonsumsi pepaya yang belum matang. Sebab, kandungan lateksnya bisa memicu kontraksi. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: