Kunjungi Kota Magelang, Ini Pesan Ganjar

BNews—MAGELANG—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi penanganan kasus Covid-19 yang dilakukan Pemkot Magelang. Dia menyampaikan untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Wali Kota Magelang, Kamis (16/7/2020). Menurutnya perkembangan kasus Covid-19 di wilayah ini terus membaik, bahkan sudah nihil pasien positif.

”Alhamdulillah, (kasus Covid-19) Kota Magelang sudah tidak melandai tapi melantai. Kalau melantai panjang maka situasi mendekati normal,” kata Ganjar.

Sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo, lanjutnya, penanganan mengedepankan tiga hal yakni testing, tracing dan treatment (3T). Pemerintah daerah juga diminta berikhtiar dengan kemampuan masing-masing, untuk menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan.

”Dari situ kemudian ada efek pada ekonomi. Gubernur, Bupati, Walikota diminta untuk memainkan ’gas dan remnya’ sesuai kondisi masing-masing,” imbuhnya.

Ganjar menjelaskan, setelah Covid-19 tertangani, selanjutnya menggerakkan kembali roda perekomian masyarakat yang sempat tersendat akibat pandemi. Kondisi ini diakui berpengaruh pula pada pendapatan daerah.

”Sudah saya cek, rata-rata pendapatan Kabupaten/Kota turun. Kami semua tahu pendapatan daerah, bahkan nasional, juga turun,” jelasnya.

Ganjar pun meminta pemerintah daerah di Jateng untuk mengoptimalkan stimulus ekonomi dari APBD masing-masing pada kuartal ke-3 atau pada bulan Juli, Agustus dan September 2020. Sehingga diharapkan pada akhir tahun 2020 ekonomi bisa positif.

Sementara itu, Walikota Magelang Sigit Widyonindito menjelaskan Kota Magelang merupakan salah satu daerah di Jateng yang tidak masuk daftar pemerima bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) dari Pemerintah Provinsi. Hal ini tidak lepas dari berbagai upaya pencegahan hingga penanganan, serta peran serta semua elemen masyarakat.

Terdapat lima aspek yang menjadi konsentrasi Kota Magelang dalam penanganan Covid-19, yakni penanganan kesehatan, pencegahan, sosial, pemulihan ekonomi dan inovasi.”Perkembangan Covid-19 terus membaik, tapi kita tidak boleh lengah,” tegas Sigit.

 ”Kita tidak lelah mengedukasi terkait protokol kesehatan dimanapun berada. Tentu saja ada peran aparat kita, TNI, Polri, dan warga,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: