Mengenal Lebih Dekat Kerupuk Telur Asin yang Gurih dan Renyah di Magelang

BNews—MAGELANG— Siapa yang tak mengenal kerupuk?  Cemilan ini memang sering jadi pelengkap saat makan. Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah membuah kerupuk cocok di lidah warga Indonesia.

Banyak sekali jenis kerupuk di Magelang dan salah satunya kerupuk telur asin. Salah satu produsen kerupuk telur asin ini berada di Jalan Pakis Teji, Japunan, Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Yang mana dalam sehari bisa memproduksi sekitar 15 kilogram.

”Awalnya saya produksi di Jawa Timur, kemudian baru sekitar Februari 2021 ini saya pindah ke Magelang. Saya mulai usaha kerupuk ini dua tahun lalu,” kata produsen kerupuk telur asin, Anastasya Luri (46), beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, bahan-bahan kerupuk telur asin yang dibuatnya ada tepung beras, tepung tapioka, telur asin, garam, kaldu jamur dan rempah-rempah. Telur asinnya pun tak boleh sembarangan.

”Kami menggunakan telur asin yang masir banget. Karena tingkat kemasiran ini yang menentukan kerupuk itu enak atau nggak, disamping komposisi bumbu, ya,” jelasnya.

Luri menyebut, cara membuatnya ini tak jauh beda dari membuat kerupuk-kerupuk lainnya. Untuk telur asinnya, dipisahkan antara yang putih dengan kuningnya.

Kemudian bumbu dicampurkan ke putih dan kuning telur asin. ”Diaduk-aduk hingga merata. Selanjutnya yang adonan kuning dibuat memanjang dan diselimuti adonan yang putih.

Dibentuk seperti lontong dan dimasukkan ke plastik. Dikukus, diangin-anginin satu malam, baru besoknya di potong-potong,” ujar dia.

Lanjut Luri, pemasaran kerupuk telur asin yang diproduksinya ini melalui offline dan online. ”Sementara ini untuk online, kami menggunakan marketplace Tokopedia dengan kata kunci ‘Warung Baba Juara’. Untuk yang 100 gram harga Rp 15 – Rp 20 ribu, 50 gram sekitar Rp 10 ribu,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: