Kurban On The Spot dan Pencanangan Kampung Zakat Keluarga Utama di Borobudur Magelang

BNews—MAGELANG— Kegiatan Pencanangan Kampung Zakat Keluarga Utama dan Kurban On The Spot dilaksanakan di Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada Rabu (19/6/2024).

Acara yang bertempat di Masjid An-Nur Dusun Kedungan 1 desa setempat ini turut dihadiri perwakilan Kantor Kemenang Kabupaten Magelang, BAZNAS Kabupaten Magelang, KSPPS BMT BIMA, KSPPS Al-Husna, BPC HIPMI Kabupaten Magelang, Forkopimcam Borobudur dan FKPAI Kecamatan Borobudur.

Ketua panitia acara, Malikatus Sa’adah mengatakan, ada sebanyak 15 ekor kambing dari beberapa donatur yang disembelih dalam acara Kurban On The Spot tersebut. Daging kurban akan dibagikan kepada warga setempat.

”Tujuan kegiatan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengikuti teladan yang diberikan oleh Nabi Ibrahim AS. Mengungkapkan rasa syukur kita dengan cara berbagi rezeki serta meningkatkan kepedulian sosial,” katanya dalam sambutan, Rabu (19/6/2024).

Dia menjelaskan, Kurban On The Spot ini merupakan kegiatan ke-12 kalinya. ”Ini dari kita untuk kita. Jadi untuk kemaslahatan umat. Kegiatan ini di-support oleh beberapa donatur,” jelasnya.

Pengurus KSPPS BMT BIMA, Tri Wibowo Sulaksono menyebut pihaknya ikut menginisiasi adanya kampung zakat serta menyerahkan tiga ekor kambing yang disembelih dalam acara Kurban On The Spot.

”Setelah launching kampung zakat ini, nanti InsyaAllah ada program-program lanjutan untuk meng-follow up pertemuan hari ini. BMT BIMA juga menyerahkan tiga ekor kambing untuk kurban yang dibagikan kepada warga sini (Dusun Kedungan 1),” imbuhnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Ketua BPC HIPMI Kabupaten Magelang, Hijrah Kurniawan Aprianto mengungkap, melalui HIPMI Peduli, pihaknya turut membantu pelaksanaan Pencanangan Kampung Zakat Keluarga Utama dan Kurban On The Spot.

”Kami membantu secara operasional pada kegiatan ini. Ke depannya kita akan lebih efektif lagi untuk bisa membantu kegiatan serupa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang Khoironi Hadi mengaku bangga dengan terselenggaranya kegiatan tersebut.

”Kami bangga bahwa para penyuluh Agama Islam dari Kemenag bisa memprakarsai dan menggaet para dermawan stakeholder untuk ikut berkurban dan zakat,” ujarnya.

”Ini bisa menjadi stimulus bagi orang yang belum berkuban, besok bisa kurban. Orang yang belum zakat, kemudian bisa zakat. Harapannya kegiatan serupa bisa bergulir di desa maupun kecamatan yang lain di Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!