Lahan Bukit Sigandul Salaman Terbakar, Petugas Gabungan Diterjunkan

BNews-MAGELANG– Sebagian lahan di pucak Bukit Sigandul Ngadirejo Salaman terbakar Senin malam kemarin (25/9/2023). Beruntung kebakaran tidak meluas setelah, tindakan sigap dan cepat dilakukan oleh petugas dan relawan gabungan yang berhasil memadamkan kobaran api.

Petugas gabungan terdiri dari personel Polsek Salaman, Koramil Salaman, BPBD, relawan, dan masyarakat di wilayah Kecamatan Salaman.

Kapolsek Salaman AKP Sukarjo menjelaskan bahwa 5 personel Polsek Salaman dan Perangkat Desa Ngadirejo; beserta relawan bergegas mengecek lokasi kebakaran. Respon cepat itu dilakukan setelah menerima laporan dari masyarakat sekitar.

“Selanjutnya bersama personel BPBD, anggota TNI-Polri, serta relawan sebanyak kurang lebih 50 orang berupaya melakukan pemadaman. Kami lakukan tindakan cepat agar api tidak meluas ke area sekitarnya. Sementara untuk memadamkan api kami gunakan alat tradisional berupa gepyok dari bambu,” jelasnya.

Untuk sementara ini, penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam proses penyelidikan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian materi belum bisa dipastikan.

Lebih lanjut Kapolsek Salaman menambahkan lahan yang terbakar tersebut adalah milik Akademi Militer (Akmil); yang dikelola oleh warga dengan luas kurang lebih 1 hektare.

“Media yang terbakar di antaranya berupa rumput ilalang, daun jati, dan pohon pinus kering,” terang AKP Sukarjo.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Berkat koordinasi dan upaya sigap dan tanggap dari berbagai pihak, dalam penanganan kejadian, akhirnya titik api; yang terlihat pukul 17.50 WIB berhasil dipadamkan pukul 19.18 WIB.

Seorang saksi mata, warga Desa Ngadirejo, Eko Nurcahyo, ketika melihat munculnya kobaran api di puncak Bukit Sigandul; bergegas melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Salaman.

“Sekitar pukul 17.50 WIB, saya melihat titik api di puncak Bukit Sigandul. Kemudian saya segera melaporkan kejadian tersebut ke petugas Polsek Salaman,” tutur Eko Nurcahyo.

Kapolsek Salaman menambahkan, upaya penanganan yang telah berhasil dilakukan oleh Polsek Salaman bersama relawan; dan personel dari berbagai instansi lainnya menjadi bukti dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak.

“Kita berharap koordinasi dan kerjasama semacam ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang sebagai langkah efektif; dalam menghadapi kejadian serupa, atau kejadian lain yang harus cepat ditangani,” harap AKP Sukarjo. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: