Lansia 70 Tahun Yang Terlantar Di Kota Magelang Dievakuasi Petugas Balai Kartini

BNews–MAGELANG– Seorang lansia yang terlantar di Kota Magelang berhasil dievakuasi petugas Kementerian Sosial melalui Balai Besar Kartini Temanggung (8/7/2021). Dimana selanjutnya dibawa ke Balai Besar Kartini Temanggung

Hal ini seperti yang dilangsir dari lama resmi Kemensos RI. Dimana Sebelumnya,Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang mengirimkan aduan tentang seorang warga lansia yang hidup terlantar.

Namanya Mbah Agung Chusmartono yang berusia 70 tahun yang  hidup sebatang kara di rumah yang tidak layak huni di Rt 006 Rw 008 Kelurahan Cacaban Magelang Tengah Kota Magelang.

Balai Besar Kartini merespon dan menindaklanjuti aduan ini dengan mengirimkan timnya ke Magelang. Bersama dengan Dinsos Kota Magelang, tim Respon Kasus Balai Besar Kartini segera melaksanakan assesmen untuk mengetahui kebutuhan yang paling mendesak bagi Mbah Agung.

Mbah Agung yang selama ini hidup sendirian tanpa sanak saudara, kondisi kesehatannya sering sakit-sakitan, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Sudah setahun ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya menggantungkan belas kasihan dari para tetangga disekitarnya yang peduli dengan kondisi Mbah Agung.

Tim Respon Kasus Balai Besar Kartini bergerak cepat berkoordinasi dengan Dinsos Kota Magelang untuk memberikan penanganan berupa pemindahan atau evakuasi sementara Mbah Agung. Yaknid dibawa ke Balai Besar Kartini Temanggung.

Evakuasi Mbah Agung ke Balai Besar Kartini untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih baik. Sementara itu rumahnya dibersihkan dan diperbaiki kembali serta diupayakan untuk mendapatkan Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni yang diupayakan oleh Dinsos Kota Magelang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kegiatan respon kasus ini merupakan bentuk hadirnya Kementerian Sosial melalui Program ATENSI yang dilaksanakan Balai Besar Kartini. Yakni dengan membantu menyelesaikan permasalahan lansia untuk mendapatkan layanan yang lebih baik.

Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Cacaban Maria Mudrikah menyampaikan bahwa dari Kelurahan sudah lama ingin membenahi rumah Mbah Agung; tetapi terkendala untuk pemindahan Mbah Agung.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar Kartini Temanggung yang telah bersedia untuk mengevakuasi Mbah Agung ke Balai untuk mendapatkan  penanganan dan perawatan yang lebih baik. Dan selama Mbah Agung berada di Balai Kartini, dari pihak Kelurahan bersama warga sekitar akan memperbaiki rumahnya,” Ucap Maria Mudrikah. Dikutip laman kemensos.

Sementara itu Dinsos Kota Magelang yang di wakili oleh Penyuluh Sosial Muda Hesti Ambar Pratikyo menyampaikan ucapan terimakasih atas respon yang cepat dari Balai Besar Kartini. Yakni untuk menangani permasalahan yang dialami oleh Mbah Agung.

Tentunya Dinas Sosial juga akan berupaya untuk mencarikan alternatif layanan yang terbaik bagi Mbah Agung. Nanti, katanya setelah selesai mendapatkan penanganan dan perawatan di Balai Besar Kartini Temanggung.

“Dinas Sosial akan menawarkan kepada Mbah Agung untuk bersedia tinggal di panti lansia milik pemerintah. Hal agar Mbah Agung tidak perlu lagi memikirkan kebutuhan hidupnya sehari-hari dan dapat menikmati masa-masa tuanya,” tambahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: