Latihan Praja Bakti Taruna AKMIL Dilakukan Di 4 Kecamatan Di Kabupaten Magelang

BNews–MAGELANG– Kabupaten Magelang menjadi salah satu lokasi Praja Bakti Taruna Tahun 2021/2022 oleh AKMIL Magelang. Hal itu mendapat apresiasi Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memberikan sambutan pada acara Upacara Pembukaan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Tingkat II Dan III Tahun 2021/2022 di halaman Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/11/2021).

Bupati menyebutkan bahwa salah satu fungsi utama TNI yaitu melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai upaya membina hubungan dengan masyarakat. “Hal itu guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat; dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Zaenal juga mengungkapkan latihan Praja Bakti mengandung banyak manfaat bagi Taruna, terutama dalam rangka mengaplikasikan materi pelajaran pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat. Dimana nantinya akan diterapkan di dalam penugasan para Taruna Akademi Militer di satuan jajaran TNI Angkatan Darat (AD).

“Saya apresiasi kepada Gubernur AKMIL dan seluruh akademika AKMIL yang memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Magelang. Yaki sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk Praja Bakti Taruna Tahun 2021/2022,” ungkapnya.

Untuk diketahui, melalui Praja Bakti ini Pemerintah Kabupaten Magelang bisa mengetahui titik-titik yang digunakan dan apa kekurangan serta kelebihannya. Yang akan digunakan Pemerintah sebagai bahan instrospeksi dalam melakukan perbaikan-perbaikan.

“Saya berharap Taruna peserta Latihan Praja Bakti untuk benar-benar memanfaatkan waktu latihan yang sangat terbatas ini, tanpa mengesampingkan pencapaian sasaran latihan yang telah ditetapkan lembaga Akademi Militer. Sehingga Taruna memperoleh gambaran tentang pelaksanaan aplikasi karya bakti dan bakti sosial secara langsung di masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Magelang,” tutur, Zaenal.

Kepada para Taruna Akademi Militer yang akan melaksanakan latihan Praja Bakti ini, Zaenal meminta agar tidak ragu untuk melakukan koordinasi dengan staf Pemerintah Kabupaten Magelang. Yakni apabila memerlukan informasi yang berhubungan dengan latihan kali ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara, Komandan Resimen Taruna AKMIL, Brigjen TNI Mochamad Muchidin menerangkan bahwa; kegiatan pelatihan Praja Bakti Taruna AKMIL tingkat II dan III ini akan dilaksanakan selama 6 hari di wilayah Kabupaten Magelang. Dimana yang meliputi 4 Kecamatan antara lain Mungkid, Borobudur, Salaman, dan Tempuran.

“Kemudian Taruna yang terlibat ada 788 Taruna yang akan mengaplikasikan pembinaan Teretorial kepada masyarakat baik itu komunikasi sosial, kerja bakti dan juga tentang ketahanan wilayah,” beber, Brigjen Muchidin. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: