Libur Akhir Tahun, Jateng Siapkan Operasi Yustisi dan Tes Antigen

BNews—JATENG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan operasi yustisi jelang libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu juga menggelar tes antigen bagi pendatang di titik-titik peristirahatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa pendatang yang menggunakan angkutan umum harus melakukan rapid tes antigen terlebih dahulu.

”Yang mau naik angkutan umum, transportasi udara, kereta dan bus, mesti ada rapid test antigen. Hitung-hitungannya akan deteksi lebih baik lagi, lebih akurat (dibanding rapid test antibodi),” kata Ganjar, Selasa (15/12/2020).

Selain itu, Pemprov Jaeng juga menyiapkan titik operasi yustisi antisipasi penyebaran virus corona, termasuk di rest area tol. Serta membuat pos kontrol untuk mengurai kerumunan yang dimungkinkan terjadi.

”Di rest area akan dipersiapkan tempat untuk lakukan kontrol, sehingga tak terjadi kerumunan. Jawa Tengah akan siapkan yustisi di sana, Satpol PP, juga kepolisian dibantu TNI. Sekaligus Dinkes untuk bisa ambil sampling test untuk lakukan pengamanan. Rencananya akan di beberapa titik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan tempat karantina terpusat. Antara lain Asrama Haji Donohudan dan gedung BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

”Kalau dites lolos, sehat, ya tidak apa-apa. Tapi kalau mbolos artinya tak lolos seleksi tapi nekat, bukan tidak mungkin akan dikarantina,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: