Lomba Satkamling Tingkat Polresta Magelang, Warga Sriwedari Muntilan Tampil Optimis

BNews—MAGELANG— Lomba Satkamling tingkat Polresta Magelang kembali digelar. Kali ini Satkamling Dusun Ngoman Lor, Desa Sriwedari, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang menjadi peserta lomba mewakili Polsek jajaran Distrik Muntilan.

Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa melalui Kasat Binmas AKP Anas Syarifudin mengatakan ada beberapa simulasi yang diperagakan oleh Satkamling Dusun Ngoman Lor saat penilaian lomba.

“Lomba yang digelar ini untuk melatih, pengamanan swakarsa di tengah masyarakat. Apalagi, menjelang Pilkada 2024. Masyarakat harus bisa ikut serta menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” kata Anas dalam keterangan tertulis yang diterima borobudurnews.com, Selasa (28/5/2024).

Anas menerangkan, perlombaan diawali dengan peragaan penanganan, penyelesaian problem solving (SKB) rebutan air sawah, penanganan tertangkap tangan pencurian oleh anggota Satkamling dan diserahkan ke Polri, serta penanganan kebakaran.

Lanjutnya, penilaian meliputi kelengkapan perlengkapan pos Satkamling, kemampuan anggota Satkamling, serta kesiapan warga.

“Lomba ini dibagi menjadi lima distrik yakni Distrik Salaman, Grabag, Tegalrejo, Salam dan Muntilan. Lomba berlangsung selama lima hari. Nantinya, bagi pemenang lomba ini, akan mewakili Polresta Magelang di tingkat Polda Jateng, hingga ke tingkat Mabes,” imbuhnya.

Kepala Desa Sriwedari, Edi Nugroho mengatakan, warganya cukup antusias mengikuti lomba Satkamling yang digelar oleh Polresta Magelang ini. Warga berlatih selama dua minggu, sebelum dipertunjukkan kepada tim penilai.

“Mereka menjadi lebih disiplin, kaitannya dengan kegiatan tersebut. Dan menjadi pembelajaran kepada mereka bagaimana menjaga lingkungan agar aman, dan kondusif,” katanya,

Salah satu peserta yang juga merupakan Kadus Ngoman Lor, Suyatno mengaku sangat terkesan dengan adanya lomba Satkamling. Ia mendapatkan pembelajaran banyak bagaimana cara petugas Satkamling bertugas.

“Kami optimis Satkamling Guyub Rukun Dusun Ngoman Lor bisa menjadi juara satu lomba Satkamling tingkat Polresta Magelang,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!