Bencana Longsor Terus Mengintai Termasuk di Dukun

BNews-DUKUN—Hujan deras dalam kurun waktu cukup panjang di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang mengakibatkan beberapa tebing penyanggar rumah warga longsor. Salah satunya di Dusun Banyubiru Desa Banyubiru Kecamatan Dukun tebing dialur sungai Mbiru longsor dimana lokasinya berdekatan dengan rumah warga kemarin sore (16/10).

 

Kepala Desa Banyubiru Wintoro menjelaskan tebing penyanga rumah milik Misbarudin, 62 longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian tebing 6 meter.”Itu merupakan tanah pribadi warga, namun tadi pagi perangkat desa, tim OPRB Banyubiru dan warga sudah berkerja bakti membersihkan longsor dengan tujuan aliran sungai tetap lancar,”katanya saat diwawancari.

“Sebenarnya masih ada beberapa titik rawan longsor di alur sungai mbiru Dukun ini dimana tebingnya mepet ke rumah-rumah warga dan dari pihak Desa sedang mengupayakan mengirim proposal ke dinas terkait untuk membangun tanggul penyangga tetapi hingga kini belum ada kabarnya,” imbuhnya.

LONGSOR : Tebing Penyangga di sungai Mbiru Dukun Longsor karena terkikis derasnya arus (16/10)-- ( Foto--Istimewa)
LONGSOR : Tebing Penyangga di sungai Mbiru Dukun Longsor karena terkikis derasnya arus (16/10)– ( Foto–Istimewa)

Untuk longsor kali ini bebarapa batako dan kayu milik warga ikut terbawa arus sungai. Dan kerugian ditafsir hingga mencapai Rp. 15 juta rupiah.

Alzwar warga Dusun Garonan Desa Banyubiru dimana rumahnya juga mepet dengan tebing dialur sungai mbiru menerangkan bahwa sebenarnya dirinya juga cemas jika saat hujan deras karena tebing sudah mulai terkikis aliran sungai mbiru.”Saya harap pihak Pemerintahan Desa Banyubiru dan jajaran terkait bisa mengupayakan untuk meminimalis angka risiko terjadi longsor yang membahayakan rumah kami,” pungkasnya. (bsn)

Baca Juga :

BERITA LONGSOR MAGELANG

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: