Lonjakan Pasien Juga Terjadi di Purworejo, Total 35 Kasus Positif Covid-19

BNews–PURWOREJO– Pasien positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Purworejo mencapai 35 orang. Hal ini disampaikan Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Darus kemarin (29/4/2020).

“Sebelumnya terdapat 29 orang dan terdapat tambahan enam orang positif covid-19 yang semuanya berasal dari klaster Gowa,” katanya.

Dengan penambahan tersebut hingga tanggal 29 Maret 2020 total 35 warga Purworejo yang positif Covid-19. “Dari 35 orang tersebut 28 orang diantaranya merupakan klaster Gowa,” tegasnya.

Darus merinci, tambahan keenam orang dinyatakan positif tersebut yakni 2 orang berasal dari Kecamata Loano, 2 orang dari Kecamatan Bayan. Ada 1 orang dari Kecamatan Kemiri yang merupakan menantu jamaah Gowa yang positif. Dan 1 orang klaster Gowa dari Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo.

Menurutnya, tentang klaster Gowa terdapat 92 orang warga Purworejo yang mengikuti kegiatan Ijtima Jamaah Tabligh di Gowa, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Namun setelah ditelusuri dan dikonfirmasi dengan koordinator rombongan, hanya ada 84 orang. 

“Dari hasil Rapid Diagnostic Test (RDT), 70 orang termasuk anggota keluarganya dinyatakan positif,” tegasnya.

Untuk menghindari dampak paparan lebih luas, dr Darus menghimbau masyarakat sementara jangan keluar masuk ke daerah itu. Ia juga berharap agar warga yang melakukan isolasi mendiri tersebut benar-benar patuh untuk tidak keluar rumah sehingga dapat meminimalisir risiko penularan berikutnya.


Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.977 orang, terdiri atas 1.205 selesai pemantauan dan 772 dalam pemantauan. Untuk kategori orang tanpa gejala (OTG) tercatat sebanyak 413 orang, 115 orang di antaranya positif berdasarkan Rapid Diagnostic Test.

Sedang Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 36 orang, terdiri atas 41 orang dinyatakan negatif, 28 orang sembuh. Serta dua orang masih dirawat dan enam orang meninggal. (*/islh)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: