LPBD Bimagana Desa Dukun Magelang Dapat Pelatihan First Aid Dari Basarnas Semarang

BNews-MAGELANG– Pelatihan  Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (First Aid) digelar di Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang (11/11/2021). Kegiatan tersebut diisi oleh Basarnas Semarang dengan peserta anggota dari LPBD Bimagana Desa Dukun.

Ada 26 peserta ikut dalam pelatihan yang diadakan Basarnas Semarang selama tiga hari di Pendopo Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Acara pelatihan ini mengangkat tema Melalui Pembinaan Potensi Dasar di Bidang Pertolongan Pertama Kita Tingkatkan Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan.

Dan hal tersebut untuk mendukung Operasi Pencarian dan Pertolongan di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang yang diwakili oleh Kepala Seksi Sumber Daya, Didit Arie Ristandy mengatakan apa yang diberikan pada pelatihan ini diharapkan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat pada umumnya.

Ia menuturkan pelatihan yang diadakan ini merupakan ajang pembelajaran, tukar menukar pengalaman dan mempererat jalinan silaturahmi di antara insan SAR.

Dijelaskan tujuan dari kegiatan pembinaan ini yakni untuk memberikan keterampilan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan (First Aid).

“Peserta disini akan diajarkan tentang penilaian awal korban, pemindahan korban, BHD, RJP, langkah awal mengatasi pendarahan dan syok, cedera jaringan lunak, cedera kepala, dada, tulang belakang dan juga luka bakar,” tuturnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurutnya peserta tidak hanya akan diberikan materi namun juga berkesempatan untuk latihan praktik materi yang diberikan oleh instruktur.

Dengan latihan ini peserta diharapkan mampu melakukan tindakan sebagai penolong pada pertolongan pertama pada kecelakaan. Dan memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan pedoman pertama pada kecelakaan; serta memiliki pengetahuan tentang penggunaan peralatan dalam Pertolongan pertama.

Pada acara pembukaan ini turut pula dihadiri oleh Bupati Magelang yang diwakili oleh Nanda Cahyadi Pribadi, AP. M. Si. selaku asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Magelang.

Ia menegaskan, seluruh peserta dan panitia yang turut serta dalam kegiatan ini telah menjalani screening vaksin Covid-19; dan Rapid Test guna menghindari penularan Covid-19 selama acara berlangsung.

Seluruh acara juga dijalankan berdasarkan protokol Kesehatan Covid-19.

Beliau mewakili Bupati Magelang menyampaikan sambutan dan membuka  secara resmi acara tersebut. Sekaligus memberikan penyematan secara simbolis kepada peserta Pembinaan Potensi Dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (FIRST AID) bagi potensi pencarian dan pertolongan kantor pencarian dan pertolongan semarang. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: