Magma di Perut Merapi Mulai Naik, Ini Kata BPPTKG

BNews—JOGJAKARTA—Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta menyebut magma di dalam perut Gunung Merapi mulai merangkak naik. Namun demikian, hingga saat ini kubah lava di permukaan kawah belum terlihat.

Kepala Seksi Merapi BPPTKG Agus Budi Santoso menjelaskan, magma mulai naik sejak status Merapi dinaikkan menjadi Siaga Level III. Posisi magma dapat dilihat dari pusat kegempaan atau hiposenter yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Teranyar, sempat terjadi gempa vulkanik dangkal yang kedalamannya berkisar di angka 1,5 kilometer terhitung dari puncak Merapi. Dalam hal ini, 1,5 kilometer itu berarti tekanan gasnya.

”Kalau magmanya tentu sampai bawah, jadi tekanannya terpusat sekarang di angka 1,5 kilometer dari puncak,” kata Agus, Kamis (12/11).

Sementara itu, Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan jika kondisi Merapi dalam beberapa hari terakhir memang sudah melebihi erupsi yang pernah terjadi pada 2006. Namun, data yang tercatat itu belum bisa menyamai erupsi 2010 lalu.

”Dari data kami, memang menyerupai erupsi pada 2006 bahkan melebihi. Namun, kalau dibandingkan tahun 2010 masih jauh lebih rendah,” kata Hanik. (han)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: