Mahasiswa PPMT UNIMMA Jadi Satgas Covid Di Kampusnya

BNews–MAGELANG– Penerapan perilaku hidup sehat sangat penting guna menekan angka penularan Covid-19. Begitu pula yang diterapkan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).

Karena hal tersebut, kelompok mahasiswa UNIMMA melaksanakan Pengabdian Pasa Masyarakat Terpadu (PPMT)  di lingkungan kampusnya sendiri. Baik di Kampus 1 maupun 2 UNIMMA yang berlokasi di Kabupaten dan Kota Magelang.

Kelompok PPMT ini mengusung tema Implementasi Pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan Kepada Masyarakat. Dengan judul yang diangkat “Penerapan perilaku hidup sehat untuk menekan angka penularan COVID-19 dilingkungan Universitas Muhammadiyah Magelang”.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan di lingkungan kampus dengan Dosen pembimbing yakni Hijrah Eko Putro,M.Pd. Sementara kelompok PPMT ini terdiri dari Kurniawan Diyar Prasetio, Diyah Ajeng Laila Ramadhani, Anita Rahayu Lestari, Puput Setiyani, dan Nurfitriyah.

“PPMT ini dengan diadakannya program kerja Survilance. Yakni memantau tren penularan covid-19, memastikan tidak ada perkumpulan diarea kampus, pembagian handsenitizer; pembuatan google form untuk devisi survilance, dan pembuatan gabungan divisi survilance dan screnning,” ungkap Diyah Ajeng.

Tidak hanya itu, proses screnning dan disiplin protokol kesehatan juga dilakukan. Yakni dengan memastikan aktivitas akademika serta tamu yang masuk area kampus mematuhi area protokol kesehatan.

“Ya mulai dengan mengukur suhu tubuh, memastikan setiap orang yang memasuki area kampus wajib mencuci tangan, memastikan setiap orang yang memasuki area kampus wajib memakai masker; memastikan setiap orang yang berada di area kampus menjaga jarak,” imbuhnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kegiatan lainnya dalam PPMT tersebut, lanjutnya yakni dengan pembagian masker di area kampus dengan sasaran yang tidak memakai masker yang sesuai anjuran WHO. “Kami juga melakukan penyuluhan tentang covid dan dampak pendemi covid,” tegasnya.

Berbagai upaya dan cara dilakukan oleh kelompok PPMT ini. Mulai dengan pembuatan konten media publikasi dan promosi.

“Kami juga membuat media publikasi dan promosi untuk sosialisasi. Seperti membuat konten youtube yang berisi tutorial cara cuci tangan yang baik, cara memakai masker yang baik. Ada juga membuat konten instagram yang berisi pengunggahan poster yang berisi cuci tangan dengan baik, twibon perkenalan kelompok, dan perbedaan new normal,” paparnya.

Sementara Dosen Pembimbing, Hijrah Eko Putro menyampaikan dengan melakukan program kerja tersebut diharapkan mampu menekan angka penularan COVID -19 di lingkungan kampus.  “Terpenting para mahasiswa maupun tamu yang berkunjung tetap ”Stay Save , Stay Healthy ,Stay At Home”,” tambahnya.

Satgas Kelompok 4 UNIMMA Tanpa Masker
Satgas Kelompok 4 UNIMMA Tanpa Masker

Program kegiatan PPMT ini bisa berjalan dengan lancar apabila dilaksanakan secara kerja sama antara semua piahak terkait di lingkungan kampus. Jadi kedepan akan lebih efektif.

“Dengan memberikan bantuan pengetahuan maupun materil diharapkan bisa merubah cara pandang dan cara hidup di era new normal ini. Pengabdian Satgas Covid-19 UNIMMA, khususnya lelompok 4 ini abertujuan untuk menekan angka penularan di lingkungan kampus. Terpenting menambah kesadaran melakukan 3M (Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Memakai Masker),” terangnya.

Kelompok 4 PPMT Satgas Covid – 19 melakukan perubahan strategis untuk menekan angka penularan Covid – 19 di area kampus secara langsung maupun media sosial atau kampanye 3M. Cara tersebut merupakan langkah untuk kesadaran Mahasiswa dan Karyawan UNIMMA di era new normal guna melakukan 3M dalam kehidupan sehari – hari.

“Disini peran mahasiswa khususnya satgas covid-19 UNIMMA kelompok 4 sebagai garuda utama untuk menekan angka penularan di lingkungan akampus. Yakni  melalui sosialisai dan kampanye 3M secara langsung maupun melalui media sosial,” tutup Diyah Ajeng. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: