Makan Tengah Malam Sebabkan Insomnia? Ini Penjelasannya

BNews—KESEHATAN— Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan pengidapnya kesulitan tidur atau terbangun saat tidur sehingga sulit untuk kembali istirahat. Pengidap insomnia biasanya akan merasakan kondisi kelelahan saat terbangun.

Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk menghindari insomnia, salah satunya dengan menghindari mengonsumsi beberapa jenis makanan tengah malam.

Faktanya, makan tengah malam bisa memicu insomnia pada beberapa orang. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, memiliki kandungan gula tinggi, dan mengandung garam. Kondisi ini bisa memperburuk insomnia yang kamu alami.

Memenuhi kebutuhan tidur adalah hal penting yang perlu dilakukan agar kesehatan tubuh berjalan dengan baik. Namun, bagaimana jika kamu mengalami gangguan tidur seperti insomnia? Tentunya, kondisi ini perlu diatasi dengan baik agar tidak menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Mengenali penyebab insomnia diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Memiliki kebiasaan buruk menjadi salah satu hal yang bisa memicu insomnia, salah satunya mengonsumsi makanan tengah malam atau mendekati waktu tidur.

Selain bermain gadget dan terlalu banyak mengonsumsi air menjelang tidur, makan terlalu dekat dengan waktu tidur pun bisa memicu insomnia pada beberapa orang.

Menurut Dr. Sonja Gabrielle Schuetz, MD, spesialis gangguan tidur, makan tengah malam atau menjelang tidur menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga tubuh tidak dapat beristirahat dengan optimal. Hal ini yang memicu insomnia.

Jenis makanan yang kamu konsumsi juga dinilai memengaruhi munculnya insomnia. Menurut Charlene E. Gamaldo, MD, sleep expert dari Johns Hopkins, mengonsumsi makanan pedas bisa memicu heartburn yang menyebabkan insomnia atau terganggunya waktu tidur. Kondisi ini akan semakin memburuk ketika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung atau sleep apnea.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak, protein, dan gula tinggi 3 jam menjelang tidur. Mengonsumsi makanan jenis ini bisa membuat kamu terjaga tengah malam.

Lalu, bagaimana jika kamu merasa lapar menjelang tidur? Sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau oatmeal. Kedua jenis makanan ini memicu pelepasan hormon serotonin dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih baik.

Hindari Makan Tengah Malam dengan Langkah Ini

Sebaiknya hindari kebiasaan buruk mengonsumsi makanan menjelang waktu tidur. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kebiasaan makan tengah malam, yaitu:

Penuhi Kebutuhan Makan saat Siang Hari

Sebaiknya atur jadwal dan pola makan tepat untuk menghindari kebiasaan makan tengah malam. Kebutuhan makanan yang telah terpenuhi dengan baik selama pagi hingga sore hari membuat kamu terhindar dari keinginan untuk makan tengah malam.

Jauhkan Makanan Camilan atau Snack

Setelah jam makan malam, sebaiknya bersihkan dan simpan makanan camilan atau snack di tempat yang tidak terlihat. Hal ini bisa menurunkan keinginan kamu untuk mengonsumsi snack.

Atur Jadwal Tidur

Sebaiknya atur jadwal tidur dan lakukan rutinitas sebelum tidur agar tubuh lebih siap untuk beristirahat. Kamu bisa mengatur suhu ruangan, cahaya kamar, hingga perlengkapan tidur yang nyaman agar kualitas tidur dapat terjaga dengan baik.

Itulah fakta mengenai makan tengah malam yang bisa memicu insomnia. Lakukan langkah sederhana tersebut untuk menghindari kebiasaan makan tengah malam. (*)

Sumber: halodoc

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: