Prihatin Anak Gak Doyan Sayur, 3 Mahasiswa Jogja Ciptakan Es Krim Ijo-Ijoan

BNews—JOGJAKARTA— Inovasi kuliner pun terus bermunculan dan banyak berkembang di Jogjakarta. Salah satu makanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah es krim.

Selain digemari orang dewasa, ternyata es krim banyak disukai anak-anak. Di sisi lain, timbul keprihatinan orang tua terhadap anak-anaknya  yang jarang atau enggan mengonsumsi sayuran.

Dari sinilah, sekelompok mahasiswa UNY mencoba menggabungkan es krim dengan sayuran agar anak-anak menyukainya. 

Mereka adalah Marliyoda Aji Pangestu dari Program Studi Teknologi Pendidikan, Muhammad Dimas Hendrawan dari Program Studi Akuntansi dan Rosyid Fuadi dari Program Studi Tata Boga. Menurut Marliyoda, sayuran merupakan makanan yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. 

”Es krim sayur merupakan jenis makanan yang sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki latar belakang tidak suka memakan sayuran,” katanya, Jumat (12/2).

Es krim buatannya dan teman-teman merupakan salah satu inovasi. Selain harganya murah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga gampang ditemukan. 

Cara membuatnya pun, menurut Marliyoda, sangat sederhana. Dan mudah untuk ditambah variasi, seperti topping berupa Oreo, jelly, buah, keju dan saus cokelat sehingga dapat menambah selera makan anak. 

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Muhammad Dimas Hendrawan menambahkan, es krim sayur kaya akan kalsium, nutrisi sayuran, vitamin dan gizi. ”Selain itu juga meningkatkan kekebalan tubuh dan rendah lemak,” ungkapnya. 

Diharapkannya, es krim ini dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan yang didapat dari sayur yang sudah diolah. Sayur yang digunakan pun dapat bermacam jenis, seperti sawi, bayam, bayam ungu, tomat, lobak, dan lain-lain yang memiliki nutrisi dan manfaatnya masing-masing.

Rosyid Fuadi menjelaskan, bahan yang dibutuhkan adalah susu lowfat, susu sachet, gula pasir, garam, topping, dan sayuran. ”Alat yang dipakai yaitu freezer, blender, sendok, dan tempat adonan,” jelas Rosyid. 

Cara Membuat Es Krim Sayuran

Siapkan semua alat dan bahan, lalu cuci sayuran yang akan dijadikan bahan es krim. Kemudian, blender 100 mililiterl susu lowfat, 1/4 sendok makan gula pasir, 1 sachet susu kental manis, beberapa helai sayuran dan sedikit garam. 

Tuang dalam tempat adonan dan masukkan freezer, tunggu sampai keras. Setelah keras tusuk-tusuk memakai garpu atau sendok sampai agak hancur, kemudian blender lagi sampai halus dengan kecepatan tinggi. 

Setelah selesai diblender, kemudian masukkan ke dalam freezer dan es krim sayuran siap dikonsumsi. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: