Masa Inkubasi Covid-19 Pasien Positif di Indonesia 5-6 Hari

BNews—NASIONAL— Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap tren peningkatan jumlah kasus positif baru corona.

Salah satunya ada perbedaan masa inkubasi di Indonesia yang rupanya hanya 5-6 hari. Padahal secara ilmiah, masa inkubasi paling lama sekitar 14 hari.

”Covid-19 ini memiliki masa inkubasi yang terlama secara ilmiah disebutkan 14 hari,” ungkap Yuri, Sabtu (10/4).

Namun menurut Yuri, data yang dimiliki mengungkapkan bahwa  rata-rata inkubasi yang terjadi di Indonesia memiliki berkisar 5-6 hari.

Ia menjelaskan, bila melihat dari jumlah positif virus corona hari ini, maka sebenarnya hasil ini adalah kasus pada 5-6 hari yang lalu.

”Gambaran penambahan kasus hari demi hari itu adalah merepresentasikan apa yang terjadi di 5-6 hari yang lalu,” jelasnya.

Namun demikian, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagian besar perkiraan masa inkubasi covid-19 berkisar 5-14 hari.

Loading...

Untuk menghentikan penyebaran corona, pemerintah tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk menjaga jarak dengan menerapkan pola physical distancing

”Sebab, risiko penularan corona di luar rumah masih tinggi,” beber dia.

Termasuk juga khususnya warga DKI Jakarta diminta patuh pada pembatasan-pembatasan yang diatur dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berlaku hari ini. Dirinya meminta masyarakat mematuhi bersama tentang ketentuan-ketentuan physical distancing.

”Apalagi, seperti yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah DKI untuk menerapkan PSBB. Oleh sebab itu, inilah salah satu cara bagi kita untuk secara komitmen lebih kuat. Secara lebih tegas lagi melaksanakan kegiatan physical distancing,” pungkasnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: