IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Masjid Agung Jawa Tengah Bakal Dibangun di Mungkid, Ini Lokasinya

BNews—MUNGKID— Guna mendukubg program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Pemerintah berencana membangun Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini akan berada di kawasan Kota Mungkid Kabupaten Magelang.

Masjid agung akan didirikan di tanah seluas lima hektar. Didalamnya nanti akan menjadi kawasan Islamic Centre.

Dilansir dari halaman resmi Pemprov Jawa Tengah, iIde Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kab. Magelang berawal dari visi Jawa Tengah dalam “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari”. Dengan salah satu misinya yaitu “Membangun masyarakat Jawa Tengah yang religius, toleran dan guyup untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Lokasi Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kab. Magelang ini direncanakan berada di Jl. Soekarno Hatta, Kelurahan Sawitan, Kota Mungkid Kabupaten Magelang.,Yaitu berada di sisi selatan komplek Pemda Kab. Magelang.

Tepatnya di jalur persimpangan jalan raya Magelang-Borobudur-Kalinegoro. Kecamatan Mungkid dijadikan sebagai pusat pelayanan publik bagi masyarakat Kabupaten Magelang serta pusat pemerintahan Kabupaten Magelang, sehingga banyak masyarakat yang datang ke daerah tersebut.

Masjid ini diharapkan mampu merepresentasikan kondisi Masyarakat Jawa Tengah yang berkarakter toleran dan multikultural. Toleran artinya mampu menghormati terhadap perbedaan.

Multikultural dalam arti mampu menghormati agama dan budaya yang beragam. Masjid ini diharapkan mampu memadukan ciri arsitektur yang Islami dengan nilai – nilai kearifan lokal Jawa, ini sesuai dengan konsep Islam sebagai rahmatan lil ‘aalamiin.

Loading...

Dalam rangka memperoleh berbagai ide, gagasan desain melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung di bidang arsitektur dalam mewujudkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang, maka Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah akan mengadakan “Sayembara Desain Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang”. (her/wan)

Kaos Deglang
2 Comments
  1. Amat Sukandar says

    Lalu, masjid An Nur dibongkar? Atau berdampingan dengan masjid Agung?

  2. Bimo says

    Ijin pengeringnnya gimana itu min?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: