Masyarakat Bisa Pantau Kinerja Penataan Ruang Daerahnya, Begini Caranya

BNews–MUNGKID– Masyarakat Kabupaten Magelang sekarang bisa mengawasi kinerja penyelenggaran penataan ruang di wilayahnya. Hal ini termasuk di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Indonesia.

Hal ini seperti yang disampaikan akun instagram resmi Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang ( @kantahkabmagelang ) pada Minggu sore (6/12/2020).

Dimana masyarakat bisa mengawasi kinerja penataan ruang sudah baik atau belum. Tentunya apakan sudah sesuai dengan peraturan dan peruntukannya.

Program pengawasan secara publik tersebut, resmi dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang. Yakni dibawah Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan RI.

Program tersebut dinamakan “SIWASTEK”, yakni Sistem Informasi Pengawasan Teknis Penataan Ruang.

Untuk tujuan program tersebut yakni, untuk mengawasi kinerja penyelenggaraan penataan ruang. Baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Indonesia.

Tentunya untuk menjangkau pengawasan di seluruh Indonesia, perlu penggunaan sebuah alat yang mendukung pelaksaan pengawasan tersebut. Tentunya agar lebih efektif dan efisien.

Khususnya dalam pengisian kuisioner oleh Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten. Dan alat tersebut berupa sistem informasi yang disebut SIWASTEK.

Disebutkan juga untuk fungsi SIWASTEK sendiri adalah, sistem tersebut memiliki berbagai macam informasi terkait dengan penataan ruang daerah. Bisa juga menampilkan nilai kinerja masing-masing Kabupaten/Kota.

Selain itu, SIWASTEK juga berfungsi sebagai database untuk menyimpan dokumen-dokumen perencanaan, pembinaan, pemanfaatan; dan pengendalian yang dapat diunduh kembali apalai diperlukan.

Masyarakat dapat mengaksesnya kapanya aplikasi Siwastek tersebut. Cukup dengan mengakses web berikut: https://pengendalian.atrbpn.go.id/siwastek/ .

Kemudian, setelah akses link tersebut pilih masuk sebagai tamu. Untuk user dan pasword hanya bagi yang berwenang.

Kemudian pilih provinsi dan tahunnya, klik peta kinerja. Nanti akan muncul peta provinsi dan pin berwarna yang menyesuaikan nilai kinerja dan informasi lainnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: