Mata Kaki Menghitam? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

BNews—TIPS— Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata kaki gelap dan kering. Kondisi ini tidak hanya dapat mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Beberapa faktor berikut ini bisa menjadi penyebab mata kaki hitam dan kering:

1. Kurangnya kelembapan

Salah satu penyebab utama mata kaki yang kering adalah kurangnya kelembapan. Kulit kaki yang tidak mendapatkan cukup hidrasi cenderung mengering, pecah-pecah, dan bisa berubah warna menjadi lebih gelap.

Penyebabnya bisa karena paparan udara kering, penggunaan deterjen yang keras, atau kurangnya pemakaian pelembap khusus untuk kaki. Kamu bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

2. Faktor genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami kulit kering dan berwarna gelap pada kaki. Jika orang tua atau keluarga kamu memiliki riwayat masalah kulit ini, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya juga.

3. Penggunaan sepatu yang tidak sesuai

Pemilihan sepatu yang tidak sesuai dapat menjadi salah satu penyebab mata kaki hitam. Sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar dapat menyebabkan gesekan berlebih pada kulit kaki, sehingga menyebabkan iritasi dan perubahan warna.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada kaki, seperti kadas atau kurap, juga dapat menyebabkan kulit kering dan berwarna gelap. Jamur tumbuh dengan baik di lingkungan lembap, seperti di dalam sepatu atau kaus kaki yang lembap.

5. Diabetes

Pengidap diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kulit, termasuk kulit kering dan berwarna gelap. Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan berbagai masalah dermatologis.

Jika kamu mengalami masalah yang satu ini, kamu bisa mencoba cara berikut untuk mengatasinya:

1. Jaga kelembapan kulit

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kelembapan kulit kaki. Gunakan pelembap khusus untuk kaki secara teratur, terutama setelah mandi.

Pastikan pelembap yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan seperti shea butter atau glycerin untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Pilih sepatu yang tepat

Pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki dan nyaman kamu pakai. Hindari sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar, karena dapat menyebabkan gesekan berlebih pada kulit kaki. Selain itu, pastikan sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah kelembapan berlebih di area kaki.

3. Atasi penyakit kadas atau kurap

Jika mata kaki hitam disertai dengan gejala seperti gatal-gatal atau bersisik, kemungkinan besar itu adalah infeksi jamur. Tanyakan pada dokter bagaimana cara mengatasinya dan obat yang perlu kamu gunakan.

4. Kontrol gula darah

Bagi pengidap diabetes, menjaga kadar gula darah dalam batas normal sangat penting untuk mencegah masalah kulit, termasuk mata kaki hitam dan kering. Lakukan kontrol gula darah secara teratur dan ikuti petunjuk pengelolaan diabetes yang dokter sarankan.

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: