Matahari Berada di Atas Ka’bah 15 Juli 2021, Momen Luruskan Arah Kiblat

BNews—NASIONAL— Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melaporkan bahwa pada tanggal 15 Juli 2021, posisi Matahari akan berada tepat di atas Ka’bah. Hal ini kali kedua setelah sebelumnya terjadi pada 27 Mei lalu.

Informasi tersebut diunggah di akun Instagram resmi Lapan @lapan_RI, belum lama ini. Dalam unggahannya, dijelaskan bahwa fenomena alam tersebut disebut juga dengan istiwa’ul a’zham atau great culmination.

“Fenomena ini terjadi ketika deklinasi matahari bernilai sama dengan lintang geografis Ka’bah. Sehingga ketika tengah hari, matahari tepat berada di atas Ka’bah,” demikian tulisan seperti dikutip Borobudurnews.com pada Rabu (14/7/2021).

Peristiwa ini dapat digunakan untuk mengecek arah kiblat umat Muslim di Indonesia. Puncak fenomena ini terjadi pada pukul 16:26.42 WIB/17.26.42 WITA/18.26 WIT.

Dalam unggahan, juga disebutkan bahwa tidak semua wilayah Indonesia mengalami fenomena ini.

”Dapat digunakan untuk mengecek arah kiblat di Indonesia, kecuali sebagian provinsi Maluku mulai dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram bagian timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Kepulauan Kei,” jelasnya.

”Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar) dan Kabupaten Kepulauan Aru, ditambah dengan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua,” tutupnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: